Record The Journey and Thoughts

Wednesday 27 February 2008

Tarif CDMA


Peringatan:

Informasi yang saya posting ini berdasarkan fakta yang dialami oleh penulis aslinya di sana dan itu bukan saya Saya hanya memforward dan tidak ada maksud lain apalagi membela ato menyudutkan salah satu ato lebih operator seluler. Hal2 yang bersifat umum saja yang saya kopas (kopi paste) di sini.

<--START KOPAS!-->

Nih mulai gw kasih perbandingannya antara cdma fix wireless access seperti: flexi, starone, esia. sori untuk fren kaga gw bandingkan, karena fren itu bukan pake kode area / bukan fix wireless access.

perbandingan tarif berdasarkan telp area lokal
tarif perhitungan:
esia = permenit
flexi = permenit
starone = per 30 detik
menurut gw kalo per 30 detik, lebih menguntungkan konsumen:
terbaik = starone
terburuk = esia dan flexi

tarif sesama operator
esia dengan esia : rp 55
flexi dengan flexi : rp 49
starone dengan starone : rp 25
untuk yang sesama operator :
terbaik : starone
terburuk : esia

tarif ke cdma lain
esia ke cdma lain : rp 275
flexi ke cdma lain : rp 250
starone ke cdma lain rp 130 (30dkt) / 260 per menit
da jelas kan ? termurah untuk ke cdma lain :
terbaik : flexi
terburuk : esia.
nb: untuk kasus telp yang cuma sebentar, starone paling unggul

tarif ke gsm
esia ke gsm : rp 880
flexi ke gsm : rp 800
starone ke gsm indosat rp 400
non indosat rp 800
da jelas ?
terbaik : starone (karena masih ada tarif rp 400/menit ke gsm)
terburuk : esia

tarif promo

esia : 1 jam = 1.000
disini gw pengen bilang bahwa ini adalah bukan tarif esia, tetapi semacam undian dari esia, kaerna ngak ada yang bisa jamin kalo kita telp bisa sampai 1jam, seandainya loe bisa sampe 1jam, berarti anda menang undian, seandainya kaga sampe 1jam, "maaf anda kurang beruntung". banyak kasusnya, di menit ke 30,40,50 telp tiba2 terputus dan kita bayar di hitung permenit, yang jatohnya lebih mahal dari 2 operator di atas !

nb: kenapa promo esia free talk 6bln (bundling hp lg ) kaga di masukin di atas ? karena free talk 6 bulan itu, kita diharuskan membeli hp nya. dan ini perhitungan berdasarkan asumsi jika orang menggunakan hp universal... yang ngak ada subsidi dari operator

starone: ngorbit 1 bulan rp 25.000
murah abis, tapi sayang pengguna starone masih dikit....

flexi: double bonus surprice pulsa
isi rp 100.000 dpt bonus rp 100.000 buat nelpon ke pstn telkom, atau sesama flexi, tapi mekanisme selebihnya gw juga ngak tau pasti. yang gw tau, pulsa bonus hanya berlaku selama sebulan, lewat dari sebulan, bonus tersebut hangus. nah kalo dari promo tarif, yang hebat ini
terbaik : starone
terburuk : esia

tarif promo yang menguntungkan

1. esia
kita umpamakan, pake esia dalam 1 hari menelpon 1jam,
perhitungannya, 1 jam itu di hitung rp 1.155 ( karena harus lebih dari 1jam baru terhitung rp 1.000 perjam.
rp 1.155 x 30 hari = rp 34.650
tarif tersebut itu kalo loe nelpon secara lancar dan ngak terputus tengah jalan

2. starone
rp 25.000 sebulan, mau sepuasnya sampe gak mandi 2 hari 2 malem juga ok (buat yg lg kasmaran ama pasanganya)

pelayanan

1. banyaknya konsumen. sama aja boong kalo murah tp kaga ada yang pake...
no1. flexi ( berdasarkan survey majalah hp "forsel" beberapa waktu lalu )

2. kualitas (signal, CS nya dll ). kalo signal sih tergantung daerah juga yah. kalo harga murah tapi signal kaga ada? sama aja geblek
no1. flexi (berdasarkan surver majalah forsel juga)

3. after sales service : esia dan flexi
kalo uda beli produknya tp susah cari penjual vouchernya ? mati aja kelaut.. gak ada data hehehehe

sekian lah rangkuman dari gw. mungkin ada yang mau compare 3 operator itu dari sisi pelayanan dan kualitas ?

the final is...
starone tetep yang termurah...
gimana? ada yang bilang esia murah lagi?
nb : perhitungan tersebut berdasarkan tarif semata

curhat si penulis

sekedar sharing nih, coz gw uda muak banget pake esia, dari yang singnalnya memble, harus melawan kelicikan esia. tapi thread ini bukan semata mata karena gw ga suka sama esia, gw emang benci sama esia, tp gw tulis ini berdasarkan FAKTA FAKTA yang jelas. ( gw sendiri masih pake esia, soalnya masih gratis 6 bulan sih :P )

gw sendiri pun masih pake esia (soalnya masih gratisan 5bulan hoho, sampe ini gratisnya ilang, gw bakalan cabut dari esia, dan ga mau pake produk dari yang namanya BAKRIE TELECOM!)

awalnya esia gembor2kan tarif murah rp 50/menit. sebelumnya gw tanya dulu, operator prabayar apa yang tarifnya belum termasuk ppn? jawabnya: esia! keanehan: operator prabayar mana yang tarifnya belum termasuk ppn ? coz, semua operator prabayar itu tarifnya sudah termasuk ppn, dan yang plus ppn itu hnya pascabayar

info yang gw dapet sampai saat ini adalah, setiap tarif esia itu belum termasuk ppn 10%, kalo seandainya sudah termasuk 10% mohon koreksi gw yah...

Hal lain yang berhubungan dengan esia yang pernah gw alami

1. rbt yang gw kaga pernah minta atau request, langsung di kasih ke nomor gw, mening lagu nya oke, dan ini semacam lagu dangdut! harus kita bayar pula rp 9rb!
2. gw di tipu mentah2 bahwa tarif esia rp 50 permenit, kenyataan yang terpotong di hp gw rp 55.
3. cs nya yang menyepelekan pelanggan!
4. sms spam yang sering banget, mulai dari promo buy one get one, trus ada yang ketik rek spasi bla bla, sampai esia sendiri yang promo tentang produk esianya (gw pribadi merasa terganggu )

<--END KOPAS!-->


Gimana, ada yang punya pengalaman dengan tarif GSM? Silakan disharing lhoo...

*gambar dipinjam dari sini

10 Comments:

  1. kerennn....
    ntar lady elen bikin perbandingan tarif operator selular (GSM dan CDMA Selular)

    ReplyDelete
  2. Make Esia itu untung2an. Kalau lagi bener bisa satu jam ndak putus. Tapi tetep lebih seringan putusnya baru beberapa menit. Hiks...

    ReplyDelete
  3. Pake GSM aja, lagian tarifnya sekarang udah pada murah. punya 2 hp ribet kek polygami :D

    ReplyDelete
  4. kalo sesama starone tarifnya kan rp. 25 per menit. tapi kalau 1 jam alias 60 menit jadi rp. 750

    pleki sering banget menggonggong alias call drop jadi guk.. guk.. guuukkk........

    ReplyDelete
  5. Saya pernah 2 jam non-stop pake esia… :D

    ReplyDelete
  6. Dimana2 lagi koq postingnya tentang perang tarif ya?
    Aku khawatir ntar perang tarifnya telpon seluler berdampak spt perang tarifnya pesawat terbang. Ntar kualitasnya jadi buruk :((

    Kalo aku pribadi tetep Flexi. Yg lain gak bisa dibuat luar kota.

    ReplyDelete
  7. pake starone = katanya sih murah tapi ...
    kasian yang mau telfon suka susah masuk.
    suka tiba-tiba putus, ilang sinyal.
    kesesama produk indosat, oke lah murah ... tapi kalu dari provider lain ke starone, makan pulsa orang yang nelfon dari non-indosat product

    pake flexi = katanya juga murah, tapi ...
    suka keputus tiba-tiba.

    pake esia = murah dan ada cash back!
    asli! beneran!
    aku pernah coba non stop nelfon 1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam ... sampe panas dan pegel ... ga putus2 tuh ... malah dapet free talk/cash back ... mantap!

    tapi kalo engga mau ribet ya sudah gsm aja, ga usah pake cdma. dan setiap pilihan ada nilai + dan - nya.

    ReplyDelete
  8. Thx y untk Infonya...

    ReplyDelete
  9. yang di cari bukan murahnya bro....tp kelancaran komunikasinya,tidak sering tulalit,bahkan di bilang tidak aktif padahal no tujuan aktif(ketika di telpon pake no laen).bayangkan jika anda dalam keadaan bahaya, dan sangat membutuhkan bantuan...manakah yang anda pilih...

    ReplyDelete
  10. setia dengan yang sekarang aja dech, udah teruji hematnya

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih