gravatar

Aerobik Yuk!


Dahulu, kaum pria menganggap senam aerobik adalah olahraga untuk wanita saja dan menganggapnya kurang bermanfaat. Padahal tidak demikian halnya. Senam bermanfaat bagi siapa saja, pria maupun wanita baik tua maupun muda. Tetapi kini, baik pria maupun wanita, bersamasama melakukan senam aerobik demi kebugaran dan kegembiraannya. Senam aerobik telah menjadi sangat populer di Indonesia. Senam tersebut diiringi dengan musik kesenangannya dan irama musik menjadi panduan dari gerakan yang dilakukan. Mereka yang dahulu mengira senam aerobik merupakan olahraga ringan, setelah melakukannya sendiri merasa bahwa rnemang aerobik keras intensitasnya sehingga mereka menghargai seperti olahraga lain yang juga cukup keras intensitasnya. Oleh karena itu, ada berbagai dan beragam jenis senam, sehingga semua orang bisa memilih mana yang cocok untuk mereka. Apapun jenis latihan senam yang kita pilih, semuanya bermanfaat bagi tubuh yaitu untuk kesehatan, kebugaran, dan kecantikan. Syaratnya, latihan tersebut dilakukan dengan teratur, baik, dan benar.

Senam Low Impact

Sebenarnya Low Impact hampir sama dengan Senam Aerobic dalam variasi gerakannya. Hanya saja, dilakukan dengan irama low (rendah) yaitu lebih lambat. Dengan gerakan-gerakan dasar jalan, tidak ada loncatan sama sekali. Manfaat senam ini sama dengan Aerobic, yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dan stamina tubuh. Karena sifatnya low, maka senam ini boleh dilakukan siapa saja yang masih mampu untuk melakukannya. rangtua maupun muda boleh melakukannya, karena variasi-variasi gerakannya sederhana dan mudah diikuti.

Body Language

Senam Body Language merupakan istilah dan tren baru dalam dunia persenaman. Senam ini muncul sekitar 3-4 tahun lalu. Jika diperhatian dengan seksama maka Body Language ini, bukanlah gerakan-gerakan senam yang baru. Body Language merupakan gabungan dari beberapa jenis senam yang sudah ada, antara lain senam pembentukan, senam nifas, dasar jazz, dan ballet. Body Language itu mengutamakan gerakan-gerakan untuk kelenturan dan pembentukan otot tubuh. Bila senam ini dilakukan dengan benar dan tepat, dapat menghasilkan bentuk tubuh yang indah dengan kelenturan yang baik, di samping untuk menjaga stamina. Body Language mengajarkan juga cara pernapasan baik yaitu mengombinasikan gerakan-gerakan senam dengan cara pernapasan yang benar. Hasilnya, stamina dan kesehatan tubuh yang baik. Selain itu, senam ini baik untuk wanita terutama mereka yang mempunyai problem dengan bentuk tubuh yaitu obesitas ataupun tidak proporsional, seperti bentuk bagian-bagian tubuh yang tidak serasi satu sama lain.

Manfaat Body Language akan kelihatan sekali apabila dilakukan secara benar dan teratur. Berbeda dengan Aerobic dan Low Impact yang mengutamakan gerakan-gerakan untuk pembakaran kalori atau untuk menurunkan berat badan. Kedua senam ini untuk pembentukan tubuh kurang bermanfaat atau kurang mengena. Untuk orang-orang yang ingin memperindah bentuk tubuh maka Body Language merupakan jawabannya. Body Language mengutamakan gerakan-gerakan yang bermanfaat, mengena langsung ke bagian otot-otot tubuh, sehingga akan terjadi pembentukan dan kelenturan otot sesuai dengan fungsi gerakan itu sendiri. Karena dilakukan dengan teknik yang benar serta kekuatan tenaga, maka akan terjadi pembakaran kalori.

Body Performance

Pada Senam Body Reformance, teknik gerakannya hampir sama dengan Body Language. Bedanya, gerakan-gerakan pada Body Language banyak berfokus pada daerah pinggang serta pinggul. Sedangkan Body Performance, sesuai namanya, yaitu untuk menampilkan tubuh. Jadi gerakangerakan yang dilakukan lebih merata pada seluruh bagian tubuh. Pada Body Language banyak dipakai dasar gerakan Senam Nifas & Pembentukan. Sedang senam Body Performance banyak memasukkan gerakan dasar ballet, jazz, dan lebih kepada kelenturan tubuh. Senam ini cocok untuk segala usia.

Pada umumnya senam aerobik dilaksanakan selama satu jam dengan diiring musik yang sesuai dengan iramanya, senam acrobik dimulai dengan pemanasan selama 10 menit, dilanjutkan dengan latihan inti (senam acrobik) selama 40 menit dan kemudian dilanjutkan dengan pendinginan selama 10 menit. Alat-alat yang dibutuhkan dalam senam ini diantaranya sound system, kaset, dan karpet- karpet kecil agar jika melakukan gerakan melantai tidak sungkan, serta dumbell yang berguna untuk melatih kekuatan. Bisa juga bola2 kecil, tongkat, matras, kursi dll.

Senam aerobik yang berupa latihan-latihan must impact aerobic yakni separo waktu untuk low impact aerobic (benturan ringan: salah satu kaki selalu masih berada di lantai) dan separo waktunya untuk high impact aerobic (benturan keras: kedua kaki terlepas dari lantai) dimaksudkan agar peserta tidak cepat bosan. Jika kita melakukan 'baik high maupun low impact aerobik, maka kita menggunakan berbagai macam otot dalam badan kita. Diantaranya otot-otot kaki yang kita gunakan untuk melompat dan juga mengangkat badan serta otot-otot lengan yang menyebabkan jantung memompa lebih keras. Kombinasi low impact dan high impact dapat membantu memperbaiki daya tahan dan kondisi jantung serta peredaran darah kita.

Dengan latihan-latihan senam aerobik secara teratur akan memberi keuntungan bagi tubuh kita. Keuntungan tersebut terutama pada jantung dan paru-paru. Jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih banyak dan berdenyut lebih lambat. Paru-paru kita akan bertambah kapasitas pernapasannya, masuk dan keluar. Sementara mitokondria kita yakni komponen dari sel otot yang menyimpan oksigen dan mengeluarkan energi menjadi lebih besar dan banyak sehingga badan kita menjadi lebih efisien untuk membuang panas. Dengan senam yang teratur, badan menjadi segar. Segala keletihan setelah bekerja menjadi hilang. Terlebih lagi, daya tahan tubuh meningkat. Di samping itu, kegiatan olah raga ini juga dapat meningkatkan kebersamaan dan merupakan suatu rekreasi yang murah. Ikut senam secara teratur, tidur menjadi lebih enak, pusing-pusing di kepala menjadi hilang.

Untuk yang tidak terbiasa melakukan senam bersama lawan jenis, bisa mengikuti klub senam yang khusus wanita atau khusus muslimah. Kelebihan dari klub/studio/sanggar senam khusus wanita adalah adanya gerakan kewanitaan. Sedikit gambaran, latihan pada senam di klub senam khusus wanita:
  • tahap awal senam (30 menit) merupakan gerakan high impact
  • tahap kedua (20 menit) merupakan gabungan dari gerakan low impact, Body Language, Body Performance, Yoga dan Pilates
  • tahap ketiga (10 menit) adalah gerakan pendinginan, bisa berupa line dance maupun gerakan di lantai
Dengan demikian jelas perbedaannya antara senam di tempat umum dengan senam di tempat khusus wanita. Namun tidak semua tempat sama dalam menerapkan teknik gerakan senam. Masing-masing tempat mempunyai kekhasan sendiri. Mengenai pakaian untuk senam, sebaiknya memakai pakaian yang khusus untuk senam aerobik sehingga gerakan tidak terganggu. Satu lagi, usahakan tidak berganti-ganti instruktur dalam latihan, hal ini menghindari cedera dan menunjang keberhasilan senam. So, ingin Sehat dan Cantik? Tunggu apalagi..

***

1 comments:

bejo said...
Bikin segerrr dan singset ;;)
29/8/06 2:23 PM

gravatar

Hai...numpang lewat numpang bernostalgia baca tulisan anda tentang aerobic.Mau sehat dan cantik tentu aerobiclah kuncinya hehehe... salam kenal ya...blognya bagus.
Fira@kastindo.com -http://fira.wordpress.com

gravatar

"Tetapi kini, baik pria maupun wanita, bersamasama"

seharusnya: bersama-sama
bukan: bersamasama

yawdahlah sih tika....

aku mw nanya dong...
kalo senam aerobic,, lagu yang enak apa ya??

oh ya,,iseng" add friendsterQ ya:
tika.sam.19@gmail.com
dan kalo lebih iseng lagi buka blogQ:
www.tikamulyawan.blogspot.com

gravatar

gue penggemar aerobic nich. tapi lage bingung cari tempat senam yang deket rumah.. hiks...
bravo aerobic

gravatar

kaka q o nnya tempat erobik yang di deket cimanggis mekarsari dwonk...coz q ga nemu tempat buat erobik club gtu.ato di yg deket unas soalnya q kul dsan....plis yaka kash thu.
biar tambah temen and so pasti sehat.
kirim ke email q magic_beauty@rocketmail.com/fs jga da.same address...
thans ka'

gravatar

tolong perbanyak jwnis jenis senam yang ada, karena dapat membantu para internet untuk dapat mendapat pengetahuan tentang senam .
thx
;-)

gravatar

btw ada t4 aerobik yang enak lho di daerah cimanggis mekarsari, coba deh maen ke mall cimanggis, di situ ada Sportline Fitness Center, t4nya oke, orangnya juga asik - asik.buruan mumpung lg promo.

gravatar

sy baru pertama kali ikut aerobik.. sebenarnya asik, tp badan pegal2 juga. dan ternyata ada juga jenis senam yg lain yang bisa disesuaikan dgn keinginan. tq infonya.;)

gravatar

Aku salah seorang mahasiswa yang punya kegiatan cukup padat. Pagi saya kuliah dan siang sampei malam saya kerja di sebuh retail yang sekarang berada di peringkat no 1 di Indonesia sebagai supervisor. Dan untuk menjaga stamina saya, saya rutin senam seminggu dua sampai 3 kali. Itu saya semaptkan sesibuk apapun aktivitas saya. Saya biasa mengikuti aerobik dan Bl. Hasilnya..
Bayangkan saja aktifitas saya dari pagi jm 8 saya dan mulai kul dan pulang ke rumah jm 23.30 dan badan saya baik -baik ja tuh.
Jadi ayo Senam....
cat_imoetz@yahoo.co.id

gravatar

Keren buanget infonya, thanks ya

gravatar

makasih infonya ....

gravatar

dulu saya memang agak bingung juga melihat cowok macho dengan badan kekar melakukan aerobik...lucu kelihatannya. tapi kalau memang bermanfaat buat kesehatan urusan gender rasanya bisa dikesampingkan.

gravatar

senam aerobik bisa membentuk body yang dinginkan. Dari gemuk kencang, dari kurus jadi seksi, dari bagus jadi heboh.
Fitness bisa membuat loyo jadi bugar.
senam kegel bisa merubah kurang hot jadi hot...

gravatar

Blognya bagus bgt :). Thanks ya. Blog ini membantu bgt buat ngerjain tugas tentang senam aerobik.

gravatar

Thx banget infonya :D :* tp kurang banyak.. kalo di tambah lg mungkin jadi lebih bagus :))

gravatar

mksih bnyak iea bwt informsi ny ...
sngat b'mnfaat lho . .
^_^.

gravatar

terima kasih atas infinya,,

gravatar

boleh dong infonya kalo ada sanggar senam khusus cowok lokasi cibinong depok bogor pasarrebo.(samghiffar5@gmail.com)

gravatar

konsultasinih min , kira-kira kalo pake baju senam body image , efeknya gimana ya gan ?

thanks :)

gravatar

Senam Low Impact itu berarti seperti halnya tari balet kah..kan pakai nada low ;) , hehehe cuam tidak ada loncat loncatnya , oh iya kak ngomong-ngomong tentang senam aerobik, ada pengaruhnya gag kak, kalau misalkan kita waktu ikut aerobik memakai baju aerobik second pengaruhkah didaya tahan tubuh kita... thank kak

Terimakasih telah membaca coretan LadyElen :)
Silakan berkomentar, jangan lupa mencantumkan link ID Anda
(Bisa ID Facebook, ID email, maupun ID blog)
Keep Blogging!

Who's Coming