Record The Journey and Thoughts

Thursday, 5 July 2007

Murah Itu Murahan?


Pernah liat iklan paket bundling FREN dengan ponsel ZTE C169?


Saat melihat iklan itu sebagian orang akan kagum dan tertarik untuk membeli. Hape CDMA 300an ribu? RUIM lagi... Murah gitu loh..!! Udah gitu bentuknya yg imut dan manis cukup membuat orang rela menjual hape lamanya kemudian ganti dengan yg baru. Mirip dengan yang saya alami. Namun saya dengan agak berat hati menjual hape CDMA lama saya, sebab selama pemakaian ga pernah menunjukkan kerewelan, hanya batrenya yang minta adek, maklum lah udah tua umurnya, lagian sistem CDMA emang aktif pada hapenya.

Sebenarnya sebelum membeli ZTE C169 pernah terlintas pertanyaan, apakah harga murah itu sebanding dengan mutunya? Namun godaan memiliki hape baru lebih kuat daripada mencari info sebanyak2nya tentang hape itu. Pertanyaan itu terjawab sudah.. apa sajakah pengalaman saya?

1. sinyal ZTE cenderung lemah, bahkan no signal. Saat dalam panggilan tau2 'call lost' alias terputus bin tulalit. Gemes kan...

2. batre cepet aus, infonya sih batre hape baru akan mencapai tingkat optimal setelah 3x proses pengisian. Namun tidak untuk ZTE, setiap 1,5 hari harus dah ngecezz...

Gejala di atas adalah dalam kondisi pemakaian (tempat/lokasi, durasi, kartu, dll) sama dengan saat menggunakan hape lama saya (nokia). Sengaja hanya 2 poin yang saya sebutkan karena itu hal paling penting untuk standard sebuah ponsel baru. Kalopun ada poin lain tentunya harus menyesuaikan dengan harga ponsel, misalnya fitur2nya. Saya ga mempermasalahkan fitur, karena menyadari bahwa ponsel murah tentu aja fiturnya juga minim.

Maka terjawab pula keheranan saya ketika melihat ZTE C169 bekas terpajang di etalase2 konter. Waktu itu saya berpikir kok hape baru udah dijual lagi? Kemungkinan pemiliknya udah ga tahan memelihara lama2, akhirnya berani menjual ke konter dengan harga jatuh (sebab ada merk tertentu yag bila bekas masih terjual mahal, misalnya nokia), apalagi ponsel CDMA bila dijual bekas jatuh banget harganya dibanding ponsel GSM. Jadi, bagi yang ingin membeli ponsel murah, jangan mudah tergiur dulu ya... cari info sebanyak2nya supaya ga nyesel di kemudian hari.

Gimana dengan temen2, apakah pernah mengalami hal yang sama?

15 Comments:

  1. Hmm...secara paling tidak memang hape murahan pasti tidak akan bisa bekerja maksimal. Untuk fitur memANG banyak yang dipangkas alias hanya dikasih yang standard aja.

    Btw, ada juga ponsel buatan lokal yaitu Nexian..kebanyakan masih untuk CDMA saja. Ada juga yang baru yakni bisa ON bareng GSM dan CDMA. Tapi secara kualitas belum mengetahui.

    Wak kalo batrei cepet aus gitu, enak dunk jadi lebih irit. Soalnya telpon jadi gak lama-lama..hehehh

    ReplyDelete
  2. Harga emang gak pernah bohong.
    Yang jelas kualitas bisa secara tidak langsung dilihat dari harganya.

    ReplyDelete
  3. nah itu kaya aku punya tuh 388 baru dipake 2 bulan batere dah koit

    ReplyDelete
  4. promosi HP dengan murah biasa nya tak sebanding dgn kualitas yg didapat..jadi untung2an..hehehe

    ReplyDelete
  5. thanks buat infonya mbak....tapi lumayan murah sih...ruim lagi

    ReplyDelete
  6. he3 aku baca komntar mas bambang betul juga nelopon jadi lebih irit..ya namanaya juga murah mbak tentu kan ada kelemahan..kayak temanku baru beli tu HP..Ditelopon 15 menitan baterainya uda panas bgt...tapi2 gitu2 laku keras tu HP mbak

    ReplyDelete
  7. @all: makasih temans, harga emang ga bisa bohong :(

    @mr.bambang: enak ya? gmn kl kita tukeran cdma wae? :P

    ReplyDelete
  8. Yah jadikan pelajaran, agar besok2 tidak lagi bertindak buru2.

    ReplyDelete
  9. Your comments told you are a dumb. No cellular technical background, an ordinary user.
    Unfortunatelly, it useless giving more comments to you.

    ReplyDelete
  10. @anonymous: terimakasih atas komentarnya :)

    perlu saya sampaikan bahwa tulisan ini dipublikasi bukan semata2 mencari sensasi, melainkan berbagi pengalaman berdasarkan fakta sesungguhnya.

    namun tidak menutup kemungkinan org lain enjoy aja (tidak bermasalah) menggunakan hp bundling itu.

    setiap org berhak mengemukakan opininya. demikian.

    ReplyDelete
  11. wedew..
    makasie atas infona...

    tapi dah kadung dibeliin... :(
    huhu...

    pdhl hp sblumna jg gak kalah ancur, hehe... :P

    ReplyDelete
  12. widih, kemarin beli dua, eh yang satu masuk lagi ke konternya...batere gak fungsi sama sekali, klo mo nelpon pasang charger trus hidupin hp.. :( ,begitu charger kesenggol, putus dah hidup si hp...

    bakal seru nggak ya proses klaim-nya ??? ada yang punya pengalaman klaim gak ?

    ReplyDelete
  13. @kaitou: nikmatin aja :P

    @damnam: kl mmg garansinya masih berlaku kan masih bisa dibenerin tuh, paling tidak gratis lah servis/sparepart-nya

    ReplyDelete
  14. Ambil paket 1 th ZTE C-169. Jangan deh .... apalagi yang setahun itu usaha fren dapet pelanggan secara maksa alias Nipu, pake gak dipake harus bayar. Complain gak ditanggepin, mo ditutup gak bisa. didiemin pun sekarang jadi masalah ... sekarang saya lagi ribut sama pengacaranya and collectornya untuk tagihan tak terpakai plus denda, karena saya bersikeras gak mau bayar. Terlebih collector perempuannya yang kasar bilang 'kalo gak mampu bayar jual diri aja'

    ada saran ato ada yang mau ikutan ??? kirim email ke try2luck@tipshouse.net

    Thanks ... and wish me luck

    ReplyDelete
  15. aq baru make 2 hari , ini ajaj dikasih ma orang lain ..hmm kalo punyaku ada masalah dengan vibration nya

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih