Record The Journey and Thoughts

Thursday 14 September 2006

Bisnis Kecil2an via Internet

Hampir semua orang dari berbagai kalangan pernah menggunakan internet. Tidak sedikit yang dapat digali dan dimanfaatkan dari media internet, tergantung kebutuhan masing2 user. Salah satunya adalah berbisnis via internet.

Pernah bisnis via internet? Kalo belum pernah bisa dicoba deh. Kalo barang kita berhasil terjual pasti ketagihan :) Apalagi kalo internet yang kita pake merupakan fasilitas gratis, bisa dari tempat kita bekerja (kantor) maupun kampus. Dengan memanfaatkan waktu senggang kita bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Kita sama sekali tidak mengeluarkan biaya operasional, mungkin hanya sedikit modal untuk mendapatkan barang yang akan kita jual. Keuntungannya bisa berlipat2. Tidak masalah, yang penting halal. Ini bukan MLM loh :) Saya sendiri tidak bakat dalam bisnis MLM, tidak pinter 'mencari downline' :P

Dalam menjual barang kita tetap mengutamakan 'kecap' dan 'bumbu'. Apakah itu? Ingat pepatah: 'tidak ada kecap yang nomer 2'? Ya, kl kita liat kecap2 yang dijual selalu bilang dia nomer 1, ga ada bandingnya. Itu hanya kiasan saja, sebuah perumpamaan dalam pinter2nya kita merayu calon pembeli dengan menunjukkan kelebihan barang kita serta tidak membohongi calon pembeli terhadap kondisi barang. Kategori barang yang mau dijual tidak terbatas, apa aja, baru ato bekas, mahal maupun murah.

Saya mau sharing sedikit pengalaman. Kisahnya berawalnya saat teman saya membutuhkan hanphone bekas tapi kondisinnya masih bagus. Dia tergolong manusia yang amat sibuk sehingga tidak sempat hunting di toko HP ato konter, melainkan di internet dan berhasil. Pada kesempatan lain, kakak saya mencari hp seken tapi belum ketemu type yang dia maksud. Diam2 saya coba browsing di web dimana teman saya mendapatkan hp seken. Setelah menemukan beberapa iklan, saya berikan alamat dan nmr tlp pemasang iklan. Kakak saya pun akhirnya mendapatkan hp yang diinginkannya.

Di waktu senggang saya membuka web itu, ternyata lumayan lengkap, mulai dari alat komunikasi, properti, komputer dll. Jangkauannya lumayan luas, seluruh nusantara. Entah kenapa, saya lebih tertarik membuka alat komunikasi seluler. Di sana banyak ditawarkan berbagai HP dan nomer cantik. Harganya pun beragam, rata2 di atas standard.

Saat saya mengisi ulang pulsa di suatu konter hp, ada nomer perdana yang lumayan cantik, harganya standard. Tiba2 saya punya ide, gimana kalo perdana ini saya jual di internet, pasti laku mahal. Akhirnya saya pun jadi membelinya dan memasang iklan di internet. Memang tidak laku dalam 1-2 hari, melainkan dalam rentang mingguan. Untuk penggemar ato kolektor nomer cantik, mereka berani membeli perdana saya dengan mahal, bagi mereka harga mahal bukanlah masalah. So, dagangan saya pun terjual :)

Lambat laun saya jadi pengen masang iklan lagi.. tapi belum nemu barang yang mau dijual. Naah..karena saya mempunyai beberapa nomer GSM cantik, sedangkan saya kewalahan 'ngasih makan' karena masa tenggangnya yang mau habis, saya berniat melelangnya di web :) jadi penasaran sih. Nomer saya itu tergolong nomer lawas, digitnya pun masih pendek, jadi saya jual mahal juga. Eh...laku tuh, dengan harga tinggi pula. Yang beli malah orang luar kota, luar propinsi. Pernah juga saya bosan dengan HP saya dan menjualnya via internet dan laris manis..

0 Comments:

Post a Comment

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih