Record The Journey and Thoughts

Tuesday 17 April 2007

Saya Adalah Ibu Rumah Tangga

Untuk rencana hari ini, dalam buku agenda tertulis: Membuat purchase order, meeting supplier, incoming inspection...
Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tidak hanya membutuhkan perangkat kasar berupa tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya yang diperlukan untuk mencuci, menyetrika, bebenah rumah..
Dan beberapa jadwal lainnya. Bukan, saya bukan karyawati kantoran. Saya hanya seorang isteri dengan profesi ibu rumah tangga. Rencana yang saya buat di atas pun sesungguhnya adalah agenda biasa berupa jadwal harian rumah tangga. Saya ibaratkan membuat daftar belanja kebutuhan sehari-hari dengan membuat purchase order; acara pergi ke pasar, supermarket, ataupun toserba saya istilahkan dengan meeting supplier; sedangkan incoming inspection adalah istilah untuk rapi-rapi rumah. Semua saya lakukan dengan tujuan agar lebih semangat dalam menjalani pekerjaan rumah.

Ibu rumah tangga adalah profesi yang saya geluti semenjak berhenti kerja dari sebuah perusahaan. Saya menyebutnya profesi karena memang pekerjaan rumah tangga membutuhkan profesionalisme berupa keahlian, pengetahuan dan keterampilan sama dengan pekerjaan kantor lainnya. Jika di perusahaan saya hanya kebagian tugas mengurusi satu bagian yaitu general affair saja, ternyata di rumah tugas saya tidak hanya mentok di satu bagian. Di sini saya wajib berperan multiguna sebagai direktur, manajer, sekretaris sekaligus pekerja, yang tidak hanya bisa memahami, tapi juga harus bisa menguasai semua bagian. Yang semuannya nanti harus dilaporkan pada presiden direktur yaitu suami juga pada bagian komisaris tertinggi yaitu Allah swt.

Pertama kali berhenti bekerja dan menjalani perkerjaan sebagai ibu rumah tangga, sepertinya ada perasaan tidak betah dan malu untuk mengakui. Mengingat selama ini dalam benak saya telah terpatri pikiran bahwa menjadi wanita karir lebih baik dibandingkan ibu rumah tangga. Ternyata, setelah benar-benar terjun fulltime menjalani pekerjaan rumah tangga, pikiran saya berubah total. Pekerjaan yang semula saya anggap remeh ini ternyata tidak sesederhana seperti dalam bayangan saat menjalaninya.

Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tidak hanya membutuhkan perangkat kasar berupa tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya yang diperlukan untuk mencuci, menyetrika, bebenah rumah. Tetapi dibutuhkan pula perangkat lunak berupa kelihaian sang otak dalam mengatur keuangan, mengolah makanan, meredam emosi yang ada serta beberapa perangkat lunak lainnya yang berhubungan dengan naluri keibuan berupa kelembutan, kesabaran untuk mengayomi rumah tangga.

Terkadang ibu rumah tangga pun harus siap menjadi bodyguard yang dapat mendeteksi keadaan rumah tangga agar selalu adem, ayem, tentrem. Ditambah dengan waktu kerja yang harus siap sedia selama 24 jam, seorang ibu rumah tangga memerlukan ketahanan jiwa dan fisik yang kuat.

Jika dalam perusahaan saya bisa mengambil cuti untuk beristirahat, tetapi tidak begitu dalam profesi ibu rumah tangga. Profesi ini merupakan komitmen saya. Tidak bisa begitu saja ditinggalkan dengan alasan cuti, mengundurkan diri atau meminta pensiun dini karena cape ataupun tidak cocok dengan perkerjaan. Di sinilah karir saya ditempa. Saya adalah fasilator bagi berjalannya managemen rumah tangga. Semua harus terus dijalani dengan ikhlas dan ridha untuk mendapat `gaji` berupa palaha tak terhingga dari Allah swt. Juga `bonus` berupa surga jika patuh pada suami. Insya Allah.

Menjadi ibu rumah tangga pun ternyata tidak menghambat potensi saya. Justru dengan memilih profesi ini, saya memiliki waktu yang lebih fleksible dalam mengembangakan potensi untuk meraih prestasi. Di antaranya saya dapat lulus Nihongo Nouryoku Shiken (Tes Kemampuan Bahasa Jepang) level satu setelah berusaha keras belajar di antara waktu luang yang ada, juga dapat mengembangkan hobi menulis. Siapa yang menyangka jika setelah menjadi ibu rumah tangga, saya justru diamanahi menjadi ketua di salah satu forum kepenulisan.

Saya bercermin dari ummahatul mukminin di antaranya Siti Khadijah ra., seorang ibu rumah tangga yang dapat berperan besar terhadap kesuksesan sang suami Rasulullah saw. Meski tak menonjolkan diri, tetapi daya dukungannya begitu kuat. Begitupula dengan puteri tercinta Rasulullah saw yaitu Fatimah ra., yang tangannya selalu membekas karena sering menumbuk, pundaknya pun membekas karena sering menjinjing air dengan kendi, bajunya selalu berdebu karena sering menyapu.

Hingga pernah Rasulullah saw berkata pada Fatimah ra. untuk menghiburnya, "Ya Fathimah perempuan mana yang berkeringat ketika ia menggiling gandum untuk suaminya maka Allah swt. menjadikan antara dirinya dan neraka tujuh buah parit. Perempuan mana yang meminyaki rambut anak-anaknya dan menyisir rambut mereka dan mencuci pakaian mereka maka Allah swt. akan mencatatkan baginya ganjaran pahala orang yang memberi makan kepada seribu orang yang lapar dan memberi pakaian kepada seribu orang yang bertelanjang. Perempuan mana yang menghamparkan tempat untuk berbaring atau menata rumah untuk suaminya dengan baik hati maka berserulah untuknya penyeru dari langit (malaikat), Teruskanlah amalmu maka Allah swt telah mengampunimu akan sesuatu yang telah lalu dari dosamu dan sesuatu yang akan datang."


Betapa saya menemukan keagungan dalam pekerjaan ini. Sebuah profesi yang tidak bisa digantikan oleh siapapun selain saya sendiri - ibu rumah tangga. Tidak salah jika kini, saya begitu bangga dengan profesi ini. Jika ada yang bertanya apa pekerjaan anda? Tanpa ragu lagi akan keluar jawaban, "Saya adalah ibu rumah tangga".


(Lizsa Anggraeny, FLP Jepang)

24 Comments:

  1. wah jadi nyadar nih...mbak ini sebentar lagi berganti status menjaid istri...lalu insyalloh menjadi Ibu dari anak-anaknya...

    sedang banyak cari artikel keluarga ya? semoga bisa menjadi ibu yang solehah untuk keluarganya. Amin.

    ReplyDelete
  2. loh, kok baru nyadar... mmg abis semaput? hehehe

    engga juga kl dibilang lg cari artikel keluarga, itu tulisan dah lama bgt saya punya dari eramuslim, bahkan pernah saya fwd ke blog terdahulu. krn isinya bagus maka pengen reposting di sini :)

    jazakumullah khairan katsir atas doanya. amin..

    ReplyDelete
  3. anda telah meilih satu jalan yang mulia dan tepat sekali. Seorang selebriti dunia seperti Marlyn Monroe pun pernah menyesal dalam hidupnya dalam surat terakhir yang dia tulis sebelum kepergiannya, karena dia tidak mengambil jalan hidup sebagai ibu rumah tangga seperti artikel di atas. Semoga niat anda terkabul dan diridhoi Allah Swt.

    ReplyDelete
  4. mbak, tulisannya menyentuh. buat saya yang sedang ingin belajar mempersiapkan diri jadi ibu rumah tangga...

    mohon doanya ya mbak, supaya bisa istiqomah seperti mbak

    ReplyDelete
  5. Salut........
    /*maaf baru sempet mampir bu

    ReplyDelete
  6. wah, mbak..kenalin, saya Fitri..baru pertama mampir ke blog mbak...membaca ini jadi bikin pikiran saya lebih terbuka..iya, pekerjaan ibu rumah tangga itu penuh tantangan dan lika liku..saya masih kuliah dan masih banyak cita2, tapi jadi GOOD MOM juga merupakan salah satu cita2 terbesar saya..amin..
    hehe..
    kalau ada waktu mampir ke blog saya ya mbak..
    Senang bisa membaca blog mbak..

    Regards,
    Fitri
    http://online-partimejob.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. saya ibu rumah tangga, terkadang ada rasa jenuh menjalani profesi ibu rumah tangga, tapi share dgn teman yg se"profesi " kita bs kembali fresh menjalaninya

    ReplyDelete
  8. ketika saya memutuskan untuk tidak kembali ke dunia kerja kantoran, saya sudah membayangkan. betapa asyikya saya di rumah, menjadi seorang ibu rumah tangga. mengikuti perkembangan si kecil di usia emasnya, dan bisa mengembangkan hobi saya surfing ilmu di dunia maya.

    gak disangka, bahwa pekerjaan ibu rumah tangga itu begitu unik (saya memang tidak ingin mengatakan "berat/sulit/menyusahkan) persis seperti yang dideskripsikan di blog mbak ini

    tapi alhamdulilah, seiring berjalannya waktu, keunikan2 menjadi ibu rumah tangga telah saya nikmati, tanpa harus melupakan rutinitas surfing ilmu di dunia maya ini.

    malahan, saya bisa memberikan suatu nilai lebih meski status saya hanya ibu rumah tangga.

    ReplyDelete
  9. Sudah punya momongan bu? mungkin link ini untuk membantu mencari inspirasi ide nama bayi http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/baby_name.php mudah2an bermanfaat...

    ReplyDelete
  10. salut mba.. jadi ibu rumah tanggak adalah pekerjaan paling Mulia di Dunia ini.. jujur saya jadi ngiri mba

    ReplyDelete
  11. saya juga ingin menyusul seperti anda, punya suami...tapi saya single parent umur 43 th, anak satu ( ada di pondok), semoga bisa ketularan ya mbak...Amin. Ada yang ingin isi waktu luang dengan beternak dollar? kunjungi blok saya
    http://bisnisptc70.blogspot.com/

    semoga berhasil beternak dollar.

    ReplyDelete
  12. mama tau ORIFLAME kosmetik????

    klo tertarik membangun passive income mama berkenan loh kunjungi web aku...

    www.hepylife.blogspot.com

    makasih...:x ;;)

    ReplyDelete
  13. mbak, pilates di malang brp no. tlp nya ? tlg email ke makarimgirl@yahoo.com
    mksh bnyk

    ReplyDelete
  14. Hehe..thank u mba.. aku juga baru brenti dari kerjaan, Ternyata jadi ibu rumah tangga itu lebih susah yah dari pekerja kantoran..hehe..
    Salam Kenal

    ReplyDelete
  15. Saya setuju dengan mba.. pekerjaan rumah tangga itu pekerjaan yg sangat mulia. Krn kalau tdk ada yg mengerjakan,hancur deh rumah.

    Pdhl siapapun kalau pulang ke rumah & melihat rumah yg 'menentramkan', hati juga tenang & bahagia.

    Hidup Ibu rumah tangga !!!


    =)

    Wina

    (

    ReplyDelete
  16. klo saya sih..tadinya cuma mau konsen jadi ibu ngurus anak aja tp ternyata jiwa saya konflik. Mau ngantor tp gak mau ninggalin anak sama pengasuh!!! akhirnya dengan dukungan suami aku mulai bisnis rumahan aja untunglah modalnya gak terlalu besar http://www.wanitamandiri.tk. DAN sekarang aku bahagiaaa semoga setiap ibu yang membaca juga.

    ReplyDelete
  17. Tolong disebarin untuk ibu2 yg ingin pakaiannya bersih dan wangi selalu.Kunjungi
    www.thebajuwangishop.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. Bagi bunda yang mau bekerja sampingan dirumah sambil menjaga buah hati, bisa kok !!!
    Mampir ke blog aku yaaa....

    http://dbcnetworkku.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. "*NUMPANG LEWAT "BONUS untuk ANda semua ..... langsung dari Hp ANda seperti: Tips2 dan treament2 meningkatkan stamina yg bs kamu lakukan langsung dari rumah tidak hanya untuk pria tapi wanita pun bisa. Cari TAu langsung. Caranya ketik REG BUGAR kirim ke 9789(khusus Telkomse yach) So, berani mencoba.. . ""
    "

    ReplyDelete
  20. artikelnya bagus-bagus, mohon saran dan kritik untuk blog kami..., silahkan kunjungi blog kami

    ReplyDelete
  21. numpang lewat yah bunda :) :

    Ikuti undian berhadiah dengan hadiah mainan yang banyak dan menarik hanya di KADO KEJUTAN.tinggal klik link ini yah
    http://www.facebook.com/album.php?id=150498181633427&aid=29789#!/kadokejutan

    KADO KEJUTAN juga menyediakan berbagi mainan unik dengan harga menarik dan utk JAKARTA,BEKASI FREE ONGKIR dan juga dapatkan DISKON 10 % UTK SEMUA MAINAN !!!

    ReplyDelete
  22. .... ' yah begitulah perjalan hidup sebagai seorang wanita....

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih