Record The Journey and Thoughts

Wednesday, 16 July 2008

Siapa Tarif SMS Prabayar Termahal?


Sejak pemerintah mengeluarkan fatwa penurunan tarif seluler, para operator seluler di tanah air berlomba2 menelorkan tarif promosi murahnya. Tentu aja hal ini disambut dengan sangat gembira oleh para pelanggan. Di saat harga2 melambung, justru angin segar berhembus kepada para mobiler dengan memberikan penurunan tarif seluler. Selain penurunan tarif panggilan dan sms, tarif gprs juga memberikan gebyar tersendiri bagi para netter yang sering menggunakan media hp, terutama blogger

Namanya tarif promosi di samping ada kelebihan tentu ada kekurangan. Kekurangannya antara lain yang pernah saya alami dari beberapa operator seluler, tarif promosi menjerat konsumen dengan syarat2 yang membingungkan, jaringan sibuk, sms tidak langsung sampai tujuan, masa berlaku yang singkat, dll. Hingga saat ini, tarif promosi masih berkutat pada tarif panggilan. Bahkan memberlakukan free saat outpeak. Untuk tarif sms, beberapa operator sudah menurunkan tarifnya.

Saat tulisan ini diposting, perbandingan tarif sms operator Indonesia produk prabayar dengan tarif reguler (pulsa reguler), tidak pakai registrasi dan semacamnya adalah sebagai berikut:











Produk: Sesama OP -- Lain OP
XL Bebas 350 350
XL Jempol 299 99
Simpati 100 150
AS 88 149
Mentari 99 99
IM3 100/1* 100
3 free free 100 pertama kmd 100
Axis 60 60
Fren 1 free 5 sms 1 free 5 sms


*pukul 00-05 = Rp 1,-

Produk yang berlisensi fixed wireless boleh juga kita sajikan untuk sekedar penampakan:



Produk: Sesama OP -- Lain OP
Flexi 100 350
StarOne 25/100* 150
Esia 1/karakter 1/karakter


* ke sesama starone = 25, ke produk indosat lain = 100

Saya terkecoh dengan tarif yang ada di web xl, yakni tercantum tarif sms Rp 150. Baru aja saya sms teman, kenyataannya masih Rp 350, ke sesama xl lagi

Ssstt... gara2 perbedaan tarif sms yang sangat signifikan tersebut memaksa saya beralih ke operator lain. Secara nomer ini sudah melanglangbuana, jadi masih saya pelihara meski jarang saya kasih makan. Makanya jangan pelit2 dong excelcomindo! Terutama fitur2 penting seperti:

- GPRS. Tarifnya yang selisihnya besar banget dibanding lainnya, Rp. 10/kB (operator lain sudah Rp 1, Rp 0,1, bahkan gratis)

- Call Barring. Prabayarnya tidak bisa call barring. Hanya XPLOR yang bisa, itupun tidak free. Padahal produk operator lain (IM3, mentari, Axis) sudah free dan bisa sewaktu-waktu diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Enyah sampai kapan operator seluler langganan saya ini akan mempertahankan tarif termurahnya termahalnya untuk sms… EGP lah, kan dah ke lain hati


UPDATE :
Alhmdulillah, Mulai 28 Nopember 2008, tarif SMS XL menjadi Rp 150/sms untuk tarif nelpon semaumu dan nelpon sampe puas. Keterangan lebih lanjut di sini.

27 Comments:

  1. heheheheheheh...
    sempet2nya banding2in gituh...
    saluuuuuutt!

    bedewe, numpang promosi yak :
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com
    jogjadawg.blogspot.com

    makasiiiiiihh...
    link balik yak...

    ReplyDelete
  2. pusing ngebandinginnya..cuma 350 rupiah ini... gak jarang2 sms juga kok gue..

    ReplyDelete
  3. @jogja: bukan sempet tp terpaksa
    @slamet: halo itu pasca kan?
    @miqu: jelas xl!
    @koko: biar 350 tp kl sering sms kan terasa

    ReplyDelete
  4. kalo aku sih mantap pake simpati :P

    huhuhu

    xl.. telp malem murah tp sering troble... mending pake simapti pede aja (mumpung promosi)

    sms? pake as aja, paket 1000 dpt 50 sms, selama promosi, hehe

    tapi, gimanapun juga, simpati tetap nomor satu di hati :P

    ReplyDelete
  5. cempluk tetep pke simpati deh..hehehe

    ReplyDelete
  6. Kayaknya kalo sms mendingan esia dech. ;)

    ReplyDelete
  7. @shun: kebetulan aku nlp jarang trobel
    @cempluk: heheh nmr lawas ya? sayang kl ga dipake
    @dhie: hehe kemakan iklan di tipi ya :P

    ReplyDelete
  8. Emtrih™ tetep pilihan utama klo mslh sms ^^

    ReplyDelete
  9. Emang seharusnya mahal, biar operator cepet kaya :D

    ReplyDelete
  10. iya nih, utk sms, xl tuh mahal, ni aja masih tetep pake xl gara2 males ganti nomer, coba kalo bisa nomor tetep tapi ganti operator, udah dari dulu kali pindah ke lain hati..

    ReplyDelete
  11. baru tau aku kalo malem im3 ternyata cuma 1 rupiah. Wah kalo gini ntar aku bales smsnya malem2 aja nih :))
    hehehe..
    Thanks banget infonya

    ReplyDelete
  12. Saya yang tetap setia sama SimPati, tapi Telkomsel tidak pernah SimPati kepada saya...

    ReplyDelete
  13. haha, saya ga sungkan lho untuk terus berkomentar :P

    ReplyDelete
  14. wahhh,
    jd inget..
    beberapa waktu lalu aku jd 'demen' ngirim imel mencak2 ke IM3 gara2 pemotongan pulsa telpon yg tidak sesuai, soalnya dah 3 kali aku dibuat kesel kayak gitu,
    tp akhirnya di urusin jg siyh sama M3nya,
    pulsaku dibalikin,
    meskipun gak sebanyak yg ilang :(

    ReplyDelete
  15. saya gak bisa komplen, gak bisa protest, mo tarif mahal, mo tarif murah, yha saya tetep pake nomer saya ini karena terpaksa.............................. gratisan dr pabrik panci huehuehuehue.........

    ReplyDelete
  16. semua tarif murah, tidak ada yg termurah dalam jangka waktu yg lama, karena perang tarif trus berlangsung. Kalo ditelaah secara dalam, pengeliuaran tuk pulsa tuk sebulan sebenarnya tidak berubah malah cenderung meningkat, walaupun waktu tuk ngobrol semakin panjang. maalahnya skarang adalah, kita mencari2 apa yg harus diomongkan, jd nelp itu bukan lagi kebutuhan tp memaksakan kesempatan nelp murah. Perhatikan, brapa banyak waktu kita tuk ngobrol, bahkan hal2 yg tidak perlu pun yg akhirnya bisa menjadi GHIBAH, GOSIP, SHUZZON, DLL.

    ReplyDelete
  17. http://www.designhelp4you.blogspot.com/

    http://www.softwarecomplex.blogspot.com/

    http://www.ebookhelper.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. iya nih, masa sms XL lebih mahal 3,5 kali lipat daripada operator besar yang lain (telkomsel & indosat). kenyataannya indosat bisa menetapkan tarif sms RP. 99 rupiah ke operator lain.

    ReplyDelete
  19. @ale: kyknya begitu ;)
    @mrbambang: tetap harus memilih kan? :D
    @sandynata: wah masih imposibel tuh bisa ganti opr dg nmr sama :(
    @rosyidi: sblm ada iklan di tipi kan tertera saat ngecek pulsa :P
    @hendrawan: kasian deh loe :D
    @shun: halah :D
    @nona nieke: mmg harus begitu, aku jg pernah komplain gitu tp ke xl :(
    @pinkina: nikmat bener yak gratis..
    @addin: ya enggak juga, kl saya paling lama ngobrol kl ke saudara, maklum di lg perantauan :)
    @sony: komplian dong!

    ReplyDelete
  20. yaaa pokoknya ga akan pindah dari layanan telkomsel deh ... semua pada perang tarif, aku keukeuh pake telkomsel sampe punya berapa nomer dan ada satu yang cdma ... hehe

    ReplyDelete
  21. wah, blognya unik bgt yah? benar2 pemikiran yang patut dibaca, terutama oleh XL, hehehe... makin lama xl memang makin payah..

    ReplyDelete
  22. @meity: wah tipe setia ;)
    @leipzic: tp tlp murah loh :)] dan xl ngasih free sms ;)

    ReplyDelete
  23. tarif termahal..? saya tidak tau, tp kalo tarif termurah ya fren...

    kl mau sms/ngebel tinggal bilang "fren nyeleh hpmu fren..." ;))

    ReplyDelete
  24. Rachman Arifin I.A15/8/08, 1:20 pm

    m3 kalo yg paketan raja sms 8000 = 200 sms jadi ketemunya rp 40 / sms ke all operator, dah pake m3 4 bulanan buat sms an :)

    ReplyDelete
  25. ralat aja buat star1 ke operator bukan 150 tapi 350...mahal amiiitttt

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih