Record The Journey and Thoughts

Friday 25 July 2008

Arema Jadi Putri Solo


Kini resmi sudah saya menjadi putri keraton Surakarta (Solo) dengan diterbitkannya KTP Surakarta Sebenarnya saya enggan mutasi dari list kependudukan di Malang, bumi saya dilahirkan sampai orangtua melepas masa asuhan saya. Apa mau dikata, berusaha menjadi warga negara yang baik saya harus mencatatkan diri sebagai warga di tempat yang baru. Padahal sebelum migrasi ke solo saya baru saja menambah masa berlaku KTP di Malang selama 3 tahun ke depan (s/d tahun 2011). Sedangkan KTP Solo berlaku 5 tahun (s/d tahun 2013). Tiap daerah kok bisa ga sama gitu ya masa berlakunya..

Dulu saya kecewa dengan kesalahan data dalam KTP Malang. Ternyata KTP Solo lebih parah, menyangkut alamat dan data lain. Sebenarnya buat apa mengisi data serinci itu pada 2 lembar pengisian data bila hasilnya kacau balau. Ga keren pokoknya, baru sekarang saya melihat poto tercetak hitam putih (kehabisan tinta warna kali ya ) Protes? malas ah. Yang penting punya KTP Solo dan sah menjadi warga

Lihatlah layout 2 KTP beda propinsi ini:




Menjadi warga Solo secara disadari maupun tidak, lambat laun gerak-gerik saya tentu akan menyesuaikan dengan lingkungan yang sekarang. Yang terasa adalah bahasa. Awal2 datang di Solo saya belum bisa berinteraksi dengan para tetangga dalam hal bahasa. Sebagai orang Malang yang notabene terbiasa menggunakan bahasa jawa ngoko dengan teman ato paling tidak dengan inggih, mboten bila lawan bicara orang lebih tua, kini di Solo mau ga mau saya dituntut bisa berbahasa jawa alus dengan sekitar. Sering lidah ini mbliyut bila capek ato otak saya sudah blank dengan kosakata jawa alus. Kalo sudah demikian biasanya saya keluarkan senjata jitu yakni bahasa Indonesia. Beruntung para tetangga kanan-kiri-depan sudah mahfum kalo saya bukan orang jawa tulen

Btw, suami dan saya yang sama2 orang dari Jawa Timur aja berbeda logat dan pemahaman kata sehari2, sehingga sering ga nyambung Sehingga untuk saat ini bahasa sehari2 ya Bahasa Indonesia, sambil saya belajar bahasa jawa alus di Solo. Soalnya lidah saya malangan banget. Pengucapan kata sering menjadi bahan guyonan di rumah Solo. Misal kata ‘putih’ reflek saya lafalkan ‘poteh’ , sedangkan di Solo ‘puteh’, dll. Demi ga ingin jadi bahan ketawaan, otomatis jadi mengikuti kebiasaan di Solo.

Suatu ketika saat bicara di telpon dengan teman di Malang, si teman malah protes kenapa logatku jadi (men-)Solo. Dia minta supaya saya tetap bertahan dengan logat malang. Woalah, itu berarti siap2 akan menjadi bahan tertawaan di rumah Solo. Hihi… ada-ada aja. Bolehlah raga saya di Solo tapi jiwa saya tetaplah Arema, Salam Satu Jiwa! (halah)

Yang adil adalah bila sedang berada dan bicara dengan sanak kerabat di Jatim pake logat Malang, kalo di Jateng pake logat Solo, sedang kalo di Jabar pake logat Tasikmalaya (ayah orang sunda). Malah jadi reffoot…

25 Comments:

  1. weik.... makan-makan dong!
    kapan "beli" gelar GRAy?
    konon bisa "beli" lho di kraton solo, gak tahu diantara dua kraton solo itu kraton mana?

    ReplyDelete
  2. wah berarti ga nyoblos di putaran ke dua dong

    ReplyDelete
  3. @slamet: mending gelar AMd ajah :P
    @anang: putaran pertama jg ga nyoblos kok :D

    ReplyDelete
  4. Saya malah dari jawa timur, trus ke jawa tengah dan sekarang di jakarta. Gimana coba. Enjoy ajalah, yang penting orang indonesia.

    ReplyDelete
  5. saya asline cah tuban. trus saiki dadi aek suroboyo. mbuh maneh nek suatu saat dadi abang jakarta. ngancani peneruse moudy kusnaedi .... hihihihi

    ReplyDelete
  6. numpang liat2 tante...

    ReplyDelete
  7. wah, wong solo... mampir ke rumah simbah ya... di karanganyar... :)

    ReplyDelete
  8. hayooaaahh putri Sholoh...:)

    ReplyDelete
  9. @mrbambang: ya ga gimana2, yg penting punya KTP setempat ;)
    @mantankyai: itu bkn abang tp noni jakarte :P
    @tio: silahken :)
    @mbah dipo: hehe... makasih mbah :)
    @erween: hehe.. :D

    ReplyDelete
  10. Kalo jadi putri Solo mah, tambah anggun donk. :X

    Kok bisa tertimpa kesalahan yang sama ya? :D

    ReplyDelete
  11. selamet (bukan badak jawa loch) gih mbakyu gih, dhahar-dhaharipun kulo tenggo gih..kulo asli saking rumpun suro(mbah)karto, cuman gih radi ngetan sekedik..

    ReplyDelete
  12. hihihi... baru pindah ya, mbak? ;))
    aku udh 4 tahun di jakarta, msh mempertahankan KTP Riau.
    soalnya di jakarta cuma buat kuliah. :P
    ga tau deh ntar kalo dapet kerja di sini.
    mungkin bakal bikin KTP jakarta jg. :(

    ReplyDelete
  13. kurang, coba main ke Banyumas
    beda lagi tuh

    ReplyDelete
  14. kalo saya bentar lagi baru jadi putra Pekanbaru, KTP-nya luambat selesai.. :D

    ReplyDelete
  15. waduh kalah nih, dulu saya di solo 4 tahun gak pernah punya KTP sana...

    ReplyDelete
  16. hoho, nikmatin aja apapun statusnya :D

    ReplyDelete
  17. wah..
    ada arema nyasar ke solo?
    ati2 lo..kalo make kata 'waras'..
    hehehehe....

    ReplyDelete
  18. wew, ayo KTP nya disalah gunakan ! hahaha maav, lebih baik diamankan dong bu

    www.volverhank.com

    ReplyDelete
  19. @dhie: asal bkn anggun c sasmi :P
    @okebebeh: sama dg mbah dipo ya di karanganyar?
    @juminten: mau krj di jkt ya?
    @faiza: oia ding, hahasanya kan unik :)
    @hendra: aslinya mana?
    @wkurniawan: ya kan kuliah?
    @ale: yup ;)
    @aprie: sama aja kan artinya?
    @volver: jangan atuh kl disalahgunakan :)

    ReplyDelete
  20. inyong wong kebumen tapi siki wis dadi arema, 10 taun nang malang, hehe.. :X

    ReplyDelete
  21. selamat tinggal aremania, dan selamat datang pasoepati dunk... ;))

    ReplyDelete
  22. sepertinya perlu kamus sanseskerta nich, biar ilmu kejawen bertambah. klau dimalang ntar jangan pake logat solo or sunda ya bak

    ReplyDelete
  23. @mantan wong bumen: hehe ;)
    @abuhuwaidah: hehe juga :P
    @noki: yup ;)

    ReplyDelete
  24. cantik

    YM Harydoes2u

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih