Record The Journey and Thoughts

Saturday 5 May 2007

Menu Dropdown Pada Arsip


Beberapa teman yang menggunakan template klasik, menanyakan cara merapikan arsip bulan yang semakin banyak. Untuk blogger pemula tentu masih belum terasa terganggu dengan tampilan arsip yang lumayan menyita tempat dalam sidebar. Masalahnya, kalau sudah ngeblog setahun, maka arsip dari Januari sampai Desember akan berjejer2 di sidebar. Bagaimana kalau dua dan tiga tahun lagi?

Saya mengadaptasi langkah praktis untuk mengatasinya dengan membuat seperti di bawah ini:



Jadi, berapa lamanya kita blogging, menu bulan2 tsb tidak akan memakan tempat di blog kita. Yang tampak hanya nama "Arsip Tulisan", baru setelah diklik, akan muncul nama bulan arsip-arsip kita.

Gimana caranya?

- Klik Template, cari kode html sbb:


- ganti kode di atas dg kode html di bawah ini:


Tips:

1. Untuk memudahkan pencarian kode yang dimaksud pada template, gunakan piranti browser yang sedang dipake, misal pada Firefox pilih menu “edit” --> find in this page -->


kopi pastekan kode [BloggerArchives] pada field “find” di bagian bawah jendela, klik next. Otomatis kode yang dicari akan tersorot.



2. Untuk template (blogger) baru sudah ada fitur ini pada Page Elements --> Add a Page Element --> Blog Archive --> Pilih model “Dropdown Menu”



3. Kodenya bisa diunduh di sini

Mudah bukan? Selamat mencoba :)

3 Comments:

  1. gus..bagus infonya

    ReplyDelete
  2. wah...dah jadi tutor nih...gud lak lah..:D

    ReplyDelete
  3. Kalo diriku ga diajarin langsung ... tetep aja ga bisa tuh...maklum katrowk... bukan katrowk kolor lho! tapi bagus infonya

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih