Record The Journey and Thoughts

Monday 26 February 2007

Menstrual Calendar


Ato lebih singkat disebut dengan MENSTRAL ini merupakan aplikasi ponsel yang membantu kaum hawa untuk mengetahui dan mengingatkan masa menstruasi dan masa subur pada bulan yang sedang berlangsung dan bulan mendatang melalui indikasi warna yang ditunjukkan pada kalender.

Menariknya, aplikasi ini support untuk merk ponsel apa aja, juga bisa berganti2 theme seperti halnya template pada blog :) Versi terbaru aplikasi ini adalah menstral-1.9.3, dirilis pada 12 Desember 2006. Bagi yang tertarik dan ingin menambah aplikasi ponselnya, filenya bisa diunduh di sini atau situ (size 35 kB).

Penggunaan mentral ini amat mudah, hanya nge-klik 'tanggal' hari pertama mentruasi pada bulan yang bersangkutan, kemudian akan keluar warna2 indikasi, misalnya merah (mentruasi), hijau (masa subur), dan ungu/biru (masa tidak subur). Apa yang terjadi pada bulan berikutnya? Di sana juga tergambar warna2 perkiraan masa menstruasi pada bulan itu.

Contoh:
Awal menstruasi: tanggal 1 Pebruari --> klik pake joystick, akan muncul warna merah pada tanggal 1,2,3 dst. Lihatlah pada bulan depannya (Maret), tertera indikasi warna merah pada tanggal 4 maret. Artinya, perkiraan mulai menstruasi pada bulan maret adalah tanggal 4.

Meski tidak valid 100% namun program ini cukup membantu dalam me-reminder "jadwal bulanan" kaum perempuan, terutama bagi yang sudah menikah

*adaptasi dari web aslinya.

4 Comments:

  1. keliatannya bagus. bisa didownload dari hp langsung ga?

    ReplyDelete
  2. @rinie:
    bisa aja. bila hpnya ga bisa konek dengan pc via kabel data/infrared, bisa via email jg kok, asal hpnya udah diset email. cara ini lbh cepat dan ringan di pulsa.

    caranya:
    - file menstral didownload dl via pc
    - kirim ke email sendiri
    - buka email via hp, simpan file mentral, kemudian install

    selesai :)

    ReplyDelete
  3. mau dong yang buat kaum adam....(eh emang ada gitu ;) )

    ReplyDelete
  4. @agushery:
    otomatis bisa buat kaum adam juga kan, trus jadi oleh2 buat istrinya :P

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih