Record The Journey and Thoughts

Friday 23 March 2007

Membuka Blog Via Ponsel

operamini versi-3

Ada teman blogger yang minat pengen buka blog dari hape, tapi ga boros pulsa. Pake wap ato www? Biasanya www lebih mahal...tapi tidak untuk operamini. Berikut saya repost dari artikel terdahulu...

Saya lebih suka pake aplikasi OPERAMINI versi 2.00, meski telah ada yang versi 3.00. Kenapa? karena fitur yang saya butuhkan tidak banyak, artinya bisa menekan pulsa keluar, dan itu ada di versi 2.00. Sementara ini saya udah coba pada ponsel SE dan nokia, keduanya support dengan aplikasi ini. Aplikasi ini dijamin ga bikin pulsa jebol, blog saya terbuka sekitar 5 KB ngabisin pulsa sekitar 70 rupiah aja tanpa image (gambar), kalo pengen semua gambar terlihat bisa kena sekitar 200 rupiah :)

Untuk mendapatkan aplikasinya, bisa diunduh: versi-2 dan versi-3.

Gimana supaya menghemat pulsa? Caranya, setelah operamini terinstal di ponsel, lakukan dengan mengubah font huruf dan menonaktifkan kemunculan gambar:

- klik MENU --> TOOLS --> SETTINGS
- Change skin --> kosongi semua centang (V)
- Font size --> pilih small
- SAVE

Kembali ke halaman depan, langsung aja tulis alamat blognya di kolom search paling atas (mis: www.ladyelen.blogspot.com).

Kalo mau lebih cepet & ga usah nulis2 alamat lagi, mending bikin bookmarknya. Di bawah kolom2 search itu ada menu bookmark, diklik aja (pake joystick), web2 yg sering dikunjungi bisa dibookmark, langkahnya:

- pilih manage - add
- isi nama bookmark (misalnya nama blog)
- isi url (url blog)
- isi chekbox pd 'display on home page'
- save

Kembali ke menu awal operamini, di sana dah muncul link nama2 web favorit yang akan sering dikunjungi via ponsel, kalo mau mbuka klik aja linknya pake joystick. Web yang telah dibuka, linknya akan masuk menu history beserta 'ikon'nya :)

Gimana jika pengen tau ada pesan yang masuk pada shoutbox? Kadang operamini tidak memunculkan shoutbox saat membuka blog kita, hanya berupa link aja. Untuk itu kita bisa membuat bookmark shoutbox, sehingga bisa melihat pesan tanpa membuka blog. Cara ini lebih ekonomis :)

Caranya:

- buka kode shoutbox (shoutmix maupun oggix)
- kopi link ID kita yang ada pada kode shoutbox itu, contoh punya saya:
di shoutmix: http://www.shoutmix.com/box/ladyelen
di oggix: http://www.oggix.com/shout/show/?oggixid=24228
- masukkan link tersebut seperti membuat bookmark di atas

Silakan mencoba :)

6 Comments:

  1. mbak .... ada yang lebih oke ... dari operamini versi 2 yaitu operamini 2 MOD yaitu operamini versi 2 hasil modefikasi orang rusia dengan bahasa inggris. keunggulan dari versi 2 standar ... adalah bisa nyimpan page2x yang pernah kita buka. jadi gak on line .. pulsa gak disedot maneh .. ngono loh .. situsnya aku wis lali ... dilacak wae ama Simbah GOOGLE ... cobaen tah rek ...enak tenan .... aku jadi kangen ama pecel jalan kawi ning malang ... masih buka tahh ?

    please friend, visit to my blog at : //tips-persiapan-resepsi-pernikahan.blogspot.com

    ReplyDelete

  2. ok, makasih infonya

    wah, saya lom pernah beli pecel kawi, enakan bikin sendiri :)

    ReplyDelete
  3. salam kenal.. wah lumayan tuh bisa lebih irit, makasih tipsnya..

    ReplyDelete
  4. sayang tulisannya kecil2........

    ReplyDelete
  5. Yee aku punya teman yang sama sama pake opera 2...oree

    ReplyDelete
  6. @assasin: kan bisa disetting utk font large, tp agak boros pulsa

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih