Record The Journey and Thoughts

Wednesday 23 June 2010

Pucangsawit: Now and Later


Pemerintah Kota Solo menjadikan bantaran sungai Bengawan Solo di Kalurahan Pucangsawit, Jebres, sebagai pilot project penataan kawasan konservasi alam.

Hari ini 23 Juni 2010 tempat tinggal saya di daerah Pucangsawit Kota Solo kedatangan tamu dari Negara-negara se Asia Pasifik dalam acara Asia Pacific Ministerial Conference on Housing and Urban Development (APMCHUD). 

Forum APMCHUD merupakan sarana pertukaran pengalaman sesama anggotanya dalam mengatasi masalah praktis dibidang penanganganan urbanisasi termasuk perumahan kumuh dan lain-lain. Saat ini anggota APMCHUD terdiri dari Indonesia, Qatar, Iran, India, Pakistan, China, Armenia, semuanya sekitar 68 Negara.

Konferensi di Solo ini, Indonesia akan berbagi pengalaman kepada anggota APMCHUD lainnya dalam penangananan masalah urbanisasi misalnya akan ditampilkan proyek Pucangsawit yaitu pemindahan pemukiman kumuh di tepi Sungai Bengawan Solo, yang dipindahkan ke lokasi Elok dan Pipitan di Solo.

Itu berarti tidak lama lagi, di bantaran sungai Bengawan tidak ada lagi pemukinan ilegal nan kumuh, akan berganti dengan taman kota yang yang disertai dengan pelebaran dan peninggian tanggul Sungai Bengawan Solo. Tentunya tujuan penataan kawasan bantaran itu juga untuk mengubah kawasan itu menjadi lahan wisata yang mampu menghasilkan sumber ekonomi dan pemberdayaan setempat. Semoga saja proyek Pucangsawit ini membawa kebaikan bagi semuanya. Amin.


Kedatangan para tamu

Among tamu

Disambut reog

Tas tamu dari Thailand

Alat berat penggilas perumahan

Taman kota (belum sempurna)

9 Comments:

  1. wah kosan saya dipucang sawit 2 mba..

    tp ga sungainya tuh

    kmrn jd volunter apmchud mba??

    ReplyDelete
  2. pucangsawit 2 itu di sebelah mana?
    kemare hanya sedikit meliput ajah, kebetulan dekat rumah :D

    ReplyDelete
  3. Wahhh.. lahan bisnis yang baru nih.. Cepet buka warung disana mbak :D

    ReplyDelete
  4. wah kapan2 dolan menyang Solo wis apik

    ReplyDelete
  5. @bambang:
    warung pecel spt saranmu dulu ya? sudah banyak yg jualan :P

    @maskur:
    iya pak, jgn lupa mampir pucangsawit permai :D

    ReplyDelete
  6. makasih buat infonya diberikan bro :)

    ReplyDelete
  7. Semoga yang kecil dan tersisih gitu aja. Bisa dibuatin lokasi buat mereka jualan atau pasar rakyat. Nah,sampeyan pantese dodolan bakso malang :)

    ReplyDelete
  8. mantab nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis, kumpulan, buku, pecinta, buku online, ebook, download ebook, cara membuat blog, bisnis online

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih