Record The Journey and Thoughts

Friday 9 February 2007

Yoga Yuk... !


Arti kata Yoga berasal dari bahasa Sansekerta (योग) adalah sebuah aktivitas di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan. Atau, berarti mengendalikan, mengatur, dan berkonsentrasi, yang berfungsi menyelaraskan tubuh, jiwa dan pikiran kita. Selain itu, yoga dapat melancarkan aliran oksigen di dalam tubuh. Sehingga tubuh pun sehat, termasuk wajah.

Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut pada sesuatu yang bersifat konstruktif.
Yoga berasal dari India dan telah dilakukan sejak 4.000 tahun yang lalu. Sejak 1960-an senam yoga telah menyebar ke seluruh dunia. Meski di Mesir aktifitas yoga dilarang, namun di Indonesia yoga kini banyak dilirik orang. Yoga merupakan induk dari senam serta berbagai jenis beladiri, tari, musik, nyanyian, bahkan seni bercinta dan penyembuhan.

Sebagai seni olah jiwa dan raga, yoga mengombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan, dan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru. Dalam latihan yoga, setiap postur yang diperagakan memiliki arti berbeda, baik untuk tubuh maupun pikiran. Duduk, misalnya, untuk relaksasi. Sementara berdiri untuk membangkitkan energi. Manfaat yoga diyakini meliputi segala usia.

Tidak seperti aerobik, fitness, maupun kegel, yoga memberikan dua disiplin praktek yaitu gerak dan diam. Disiplin gerak bermanfaat untuk menguatkan fisik, menghilangkan kekakuan sendi dan otot, serta mengontrol kesehatan saraf dan kelenjar tubuh. Setiap orang memiliki energi atau aliran panas yang berasal dari dalam tubuh. Dengan yoga, kita dapat mengarahkan energi tersebut pada sesuatu yang bersifat konstruktif, yang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Namun demikian, untuk pemula, yoga harus didampingi instruktur yang berpengalaman. kalo tidak, tubuh bisa cedera. Cara mudahnya dilakukan dengan mengikuti program yoga di sanggar/studio, yang umumnya juga terdapat pada Aerobik Center.

Keuntungan latihan yoga antara lain:

1. Mengatasi gangguan kesehatan.
Seni latihan fisik dan olah nafas yang berasal dari India ini ternyata dapat melatih pikiran dan dapat mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Latihan senam yoga yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan risiko terserang stroke karena dapat meningkatkan sirkulasi dan merangsang suplai darah ke seluruh tubuh terutama ke otak. Untuk pasien stroke, latihan yoga yang dapat dilakukan adalah asanas (sikap fisik) dan pranayama (pernafasan yang terkendali).

2. Mengendurkan otot.
Melakukan senam yoga juga bisa mengendurkan ketegangan otot. Sebab, relaksasi otot dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang saat berusaha mempelajari sesuatu yang baru. Melalui senam yoga tubuh akan lentur, otot-otot akan bisa memanjang dengan maksimal menjadi kenyal dan terhindar dari kerusakan otot dan tulang.

3. Meningkatkan daya ingat
Bila tubuh kita lentur, sistem saraf juga mampu mengirimkan pesan-pesan dengan lebih lancar ke setiap bagian tubuh tanpa terjepit atau terhambat oleh area-area otot yang kaku dan tegang. Begitu pula oksigen, dapat mengalir dengan lebih bebas melalui sendi-sendi, pembuluh darah, dan kapiler ketika tubuh lebih terbuka. Otak pun mendapatkan pasokan darah dan oksigen secara maksimal sehingga mampu mengingat secara optimal.

4. Terapi seks
Salah satu gerakan yoga yang berhubungan langsung dengan organ seksual manusia adalah garurasana, berada di sekitar organ seksual. Ini adalah satu terapi dapat disembuhkan tanpa mengkonsumsi obat. Yoga bermanfaat untuk berlatih mengendalikan nafsu, mengatur pernafasan, sewaktu berhubungan seks. Pria yang tidak bisa mengendalikan nafsu, cenderung ejakulasi dini.

5. Kecantikan wajah
Cantik itu setiap orang mempunyai penilaian yang tidak sama (relatif), bisa aja cantik dinilai secara fisik dari sononya :) namun khusus untuk wajah, yoga dapat membuat kulit wajah dan leher mulus, sehat, segar, serta mata berbinar cemerlang, jadi yang tadinya wajahnya biasa bisa menjadi luar biasa... :D

So, ikutan yoga yukz...

(bersambung...)

sumber: teori, praktek, browsing

14 Comments:

  1. Setuju!
    saya jatuh cinta bgt ma yoga! sejak pertama diajak tmn :)

    eheheh
    salam kenal!
    thanks have posted these articles!

    ReplyDelete
  2. mba saya pengen ikut yoga. rumah saya didaerah lippo karawaci tangerang. ada yang tahu dimana sanggar senam yoga terdekat di lippo karawaci??
    soalnya saya cari ga ada ... yg ada daerah serpong ... mohon bantuannya yach ... kalau bisa ksh no. tlpn & alamat lengkap sekalian..
    terima kasih

    Margareth/23thn/ karyawati

    ReplyDelete
  3. Aku tertarik dengan yoga, tapi aku belum tau harus kemana? Mohon info sanggar senam yoga yang terdekat dengan Semper (Jakarta Utara), karena saya tinggal disana.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  4. aku pengenbgt senam yoga tapi ga ada yang ngajarin, nggak ada bukunya juga....gmn dong???? aku di Purbalingga, Jawa Tengah

    ReplyDelete
  5. aku ingin bisa ikut yoga tapi di daerah aku tidak ada sanggar untuk yoga, apa ada teknik-teknik yoga yang bisa aku pelajari sendiri. ni email aku yayas.muanist@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  6. halo mbak, salam kenal. saya juga tertarik nih ikutan yoga :) moga-moga aja kalo udah rutin ntar, saya bisa ngerasain manfaatnya :)

    ReplyDelete
  7. mbak aku butuh urgent guru senam yoga yg mau ngajar di kantor di daerah Bintaro, ada informasi aku bisa menghubungi siapa, wassalam dari "karyawati pingin sehat"

    ReplyDelete
  8. @anonymous: maaf are dluar kota malang saya belum tau. coba gogling ajah :)

    ReplyDelete
  9. tertarik banget ne, tapi posisi saya di tegal - jawa tengah. apa ada tempat buat yoga disana??
    tolong infonya di diazmubarok@yahoo.co.id
    thanxs yaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  10. menurutku yoga itu baik u membentuk body,karena aku sendiri telah merasakannya. Sejak rajin mengikuti yoga aku merasakan badanku berbentuk (pantat jadi gak tepos, badann yg tadinya bungkuk jadi tegak)meskipun setelah latihan badanku suka sakit semua. Aku sudah latihan yoga selma 2 tahun lebih.

    ReplyDelete
  11. http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/20.gif aduh gimana mau yoga ya saya jauh di cirebon kira2 ada gak ya yg mau kasih info kalo di cirebon ada tempat yoga ?

    ReplyDelete
  12. mohon info dong. ada yg punya buku panduan ya? atu CD. biar bisa yoga an d rumah. maklum tempat ku jauh dari sanggar yoga. tks

    rep by imel
    badaibadai87@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Ada yang tau tempat latihan yoga di solo? please info-nya tlg kirim ke ibu.wiby@gmail.com. thx.

    ReplyDelete
  14. Terimakasih atas tulisannya. Ya, Yoga bisa buat badan sehat. Yoga bisa juga sebagai terapi, dimana apabila ada kesalahan otot atau tulang, alhamdulilah bisa kembali dengan benar.
    more info: http://ValueYogaMat.Com

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih