Record The Journey and Thoughts

Saturday, 25 August 2007

Lunar Eclipse

Fase gerhana bulan

Pastinya udah banyak yang mendengar berita ini, tentang fenomena gerhana bulan total yang diperkirakan 28 Agustus mendatang. Sengaja ikut mem-forward, sekalian ngingetin supaya bisa menyaksikan fenomena alam ini

Kabarnya gerhana bulan kali ini total, di mana seluruh permukaan bulan masuk ke bayang-bayang bumi. Waktunya mulai pukul 18.30 WIB, yang bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu. Sehingga siapapun bisa menyaksikan detik-detik terjadinya gerhana itu asalkan cuaca cerah. Kebetulan saat ini kemarau dan sebagian cuaca cerah sehingga kans untuk bisa melihat fenomena alam itu sangat besar.

Fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada akhir Agustus 2007 itu merupakan yang kedua kalinya yang bisa disaksikan masyarakat di Indonesia. Peristiwa pertama terjadi pada awal 2007 lalu yang terhalang cuaca mendung karena terjadi pada musim penghujan. Jadi untuk bisa melihat proses dari awal hingga akhir gerhana bulan pada 28 Agustus 2007 sangat memungkinkan. Bagi masyarakat yang ingin mengabadikan kejadian alam itu bisa dilakukan dengan menggunakan kamera SLR.

Gerhana bulan ini fenomena selalu terjadi setiap tahunnya, bergantung posisi dan kedudukan matahari, bumi dan bulan. Fenomena gerhana bulan total yaitu ketika kedudukan matahari, bumi, dan bulan dalam posisi sejajar atau 180 derajat. Sehingga posisi bulan berada pada bayang-bayang bumi.


Jadi teringat masa kecil dulu... saat peristiwa gerhana matahari (matahari lho, bukan bulan ) harus berdiam di rumah, jendela harus tertutup rapat, ga boleh melihat ke langit... kalo engga gitu katanya mata bisa jadi buta

*adaptasi dari antara*

6 Comments:

  1. maap, tapi sumber darimana ada gerhana bulan tgl 28 Agustus? mungkin maksudnya kira2 begini kali...

    Dari informasi teman (email):

    "Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia penantikan planet Bumi kita mempunyi 2 buah bulan pada 27 Agustus 2007 nanti. Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja. Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk ‘menatap’ langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang. Share this with your friends… forward!!!ingat dan saksikan !!!

    Senin dinihari, 27 Agustus 2007
    Jam 00.30 Wib"


    Ternyata informasi tersebut hanyalah HOAX, coba cari di mbah gugle, ada 10700 link yang membahas “Two Moon On 27 August”. Hoax ini sudah menyebar sejak 2003 yang lalu.

    link terbaik yang menjelaskan Mars Spectaclar ini, bisa jadi yang ini;
    http://www.snopes.com/science/mars.asp

    mohon maaf

    ReplyDelete
  2. saya mengadaptasi dari Antara (Lembaga Kantor Berita Nasional yang mempunyai motto: cepat akurat penting).
    Sebenarnya byk media yang menyiarkan berita ini, termasuk TV. Kalopun mmg hoax, tentu akan dibahas lebih lanjut. Salam kenal juga :)

    ReplyDelete
  3. kayaknya beda deh, antara hoax dua bulan (bulan n mars) dengan gerhana bulan yg diprediksikan terjadi besok (28 agustus 2007).

    saya dapat sms dari teman yg isinya kurang lebih: menurut hisap pp muhammadiyah besok akan terjadi gerhana bulan.

    ReplyDelete
  4. ternyata gerhana bulan memang benar-benar terjadi kemarin.

    subhanallah.

    ReplyDelete
  5. @koko: subhanallah... tp sayang aku ga liat, lupaa... :(

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih