Record The Journey and Thoughts

Tuesday, 28 August 2007

TAEBO

Taebo bisa dimanfaatkan sebagai sarana pelepas emosi. Misalnya, saat melakukan gerakan meninju atau menendang, membayangkan seolah2 meninju atau menendang orang yang menjengkelkan


Kali ini kembali mengajak bloggers untuk mengeluarkan keringat dengan mengetengahkan senam Taebo sebagai rangkaian dari topik Gymnastics sebelumnya. Semoga bermanfaat

Apa itu Taebo?

Taebo singkatan dari Total Awareness Excellent Body Obedience (kesadaran tubuh untuk patuh sepenuhnya) dan dikembangkan di Amerika pada akhir tahun 1980. Latihan ini merupakan komposisi dari musik energik dan meledak2, seperti house yang bertempo tinggi dengan dentuman dahsyat. Taebo adalah sejenis aerobik dengan intensitas tinggi yang menggabungkan gerakan karate, boxing, balet dan tarian hip hop. Taebo juga disebut Cardio Kickboxing karena perpaduan kickboxing dengan house music. Berbeda banget dengan yoga atau latihan seni pernapasan yang membutuhkan ketenangan, iringan musiknya pun biasanya jenis new age atau musik dengan irama pelan serta menghanyutkan.

Taebo Mengendalikan Emosi

Gerakan senam Taebo ini mirip kickboxing. Bedanya, latihan ini tidak memerlukan lawan main dan juga tidak perlu kontak fisik. Juga, latihan ini bisa dilakukan seorang diri tanpa memerlukan oranglain. Selain sangat efektif membakar lemak, latihan ini juga memberi manfaat psikologis. Taebo bisa dimanfaatkan sebagai sarana pelepas emosi. Misalnya, saat melakukan gerakan meninju atau menendang, seseorang bisa membayangkan seolah-olah meninju atau menendang orang yang menjengkelkan

Latihan Taebo ini pada dasarnya adalah pembakaran lemak dan diperuntukkan bagi yang ingin membentuk tubuh dengan cara lain. Selama ini gerakan untuk membentuk tubuh yang kita kenal adalah aerobik atau fitness. Namun dengan Taebo, lemak dibakar sekaligus menyalurkan emosi. Taebo bisa dimanfaatkan orang yang malas berolahraga karena padatnya kesibukan, atau bagi mereka yang mengangap olahraga menjemukan. Taebo merupakan alternatif sarana latihan perpaduan gerakan olahraga dan emosi, cocok dilakukan orang yang memiliki temperamen tinggi dan labil agar bisa lebih mudah mengendalikan emosinya.

Hasil Taebo

Hasil latihan Taebo bisa dirasakan jika sudah berlatih tiga bulan berturut-turut. Biasanya untuk pemula dilakukan dengan durasi waktu 30 hingga 40menit per hari. Namun untuk tingkat yang lebih tinggi bisa dilakukan hingga 1 jam atau lebih, tergantung kemampuan fisiknya. Tubuh akan menjadi lebih rileks, tenang, cekatan dan pikiran lebih fresh (segar). Di samping itu, bentuk tubuh akan menjadi lebih bagus. Ini sejalan dengan tujuan utama orang memasuk areal fitness, yaitu membentuk tubuh. Taebo adalah alternatif membakar lemak di areal fitness. Selain itu, kalau sudah selesai mengikuti pelatihan ini, member bisa melakukannya sendiri tanpa didampingi instruktur.

Pantangan Makanan

Tak ada larangan mengkonsumsi jenis makanan pun saat menjalani latihan Taebo. Latihan ini juga bisa dilakukan semua umur karena mudah dipelajari. Taebo memberikan pengalaman yang penuh intensitas dan menantang, baik secara fisik, jiwa dan tubuh.

Gimana, pengen nyoba Taebo? Untuk pemula lebih baik mengikutinya di pusat kebugaran terdekat supaya lebih terarah, energik dan meledak2

sumber: praktek, teori, browsing

17 Comments:

  1. wah taebo spt nya mengasyikkan neh..

    ReplyDelete
  2. lengkap banget to blognya mbak elen...:) dari gadget ampe senam taebo - yoga, pernah dibahas di sini...keren2

    ReplyDelete
  3. wah kirain (maap) tae' kebo.
    hehehe...
    ternyata singkatan ya..
    mbak elen juga ikutan taebo? :)

    kalo aku pengen ikutan aikido. Tapi gak tau tempatnya :(

    ReplyDelete
  4. @cempluk & dena: mmg kok, coba deh :P

    @tia: berusaha memberikan sesuatu yang bermanfaat mbak :)

    @agam: iya, aku ikutan. postingan di sini insyaallah udah aku lakukan :)
    kl di malang aikido banyak, temanku malah aktivisnya. aku jg tertarik tp ga ada waktu :)

    ReplyDelete
  5. Hmmm..benar-benar sehat bugar nih..segala macem senam diikuti..seperti senam kegel, taebo, dan sebagainya...bikin makin percaya diri dengan suami..heheheh

    ReplyDelete
  6. @mrbam: sbnrnya engga semua rutin aku ikuti. yg rutin cuma 1, tapi sering diselipkan gerakan lain. senam sebaiknya pilih salah 1 ato 2 spy hasilnya sesuai target. gitoe.. :)

    ReplyDelete
  7. kayanya ini yg cocok gw nih,energik, Thanks lady..

    ReplyDelete
  8. mbak trus tempat latian taebo di malang dimana aja y?

    ReplyDelete
  9. @anonymous: di malang salah satunya di studio senam INDA, Jl. mayjen haryono, ruko dinoyo indah, sebelah BCA, dekat unibraw.

    ReplyDelete
  10. tempat latihan taebo di Jakarta Selatan dimana ya? tolong dunks infonya. thank you.

    ReplyDelete
  11. kayaknya asik ni,,cocok buat gue.
    alamat tempat latihan di semarang dimana ya?

    ReplyDelete
  12. cocok!!! kayaknya yg aku cari nih.
    klo tmpat latian di semarang mana ya.. :)

    ReplyDelete
  13. salam kenal........
    check it out.. FOLLOW ME

    ReplyDelete
  14. pengen ikutan , tapi gatau tempat yg deket daerah cikarang. ada yg tau kah?
    http://www.facebook.com/Rismayanti.Putri

    ReplyDelete
  15. Beda y taebo ama Muay thai....Aku lagi nyari d kota malang...olahraga Muay thai adanya d mana yaaaa????....kalo ada info dooong lady elen?..•-̶̶•̸Ϟ•̸τћαηƘ Ɣσυ•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™ ..

    ReplyDelete
  16. salam kenal gan.... apa untuk senam tebo memakai baju senam tersendiri gan.... kalo iya itu beli dimana ya gan...???

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih