Record The Journey and Thoughts

Friday, 31 August 2007

Export Import In Wordpress


Fenomena hiatus sudah biasa kita temui di kancah per-blog-an, demikian juga fenomena mengganti domain dengan yang lebih keren. Namun secara ga langsung saya mengamati fenomena baru yaitu jenuh/bosan terhadap media blog yang dipakai dan beralih membuka akun baru di tempat lain, misalnya dari Bl*gger ke W*rdpress. Rasanya sayang bila data yang ada di blog sebelumnya sekiranya yang masih dibutuhkan ditelantarkan. Kenapa ga dikopi aja ke blog yang baru secara sekaligus? Memang bisa ya?

Fenomena lain adalah PHB (Pemutusan Hubungan Blog) secara sepihak oleh media yang selama ini dijadikan tempat menorehkan tinta dengan disertai menghilangkan data yang ada. Meski blog ini bukan blog istimewa, namun bila suatu saat terjadi apa2 seperti halnya peristiwa lalu akan sedih juga kan? * jadi paranoid nih *

Maka dari itu saat senggang saya coba mengamankan arsip yang ada di Blog*spot dengan cara import ke Wordpress. Jadi bila tak dinyana musibah itu menimpa blog ini (semoga tidak), maka saya masih mempunyai kopian yang tersimpan di Wordpress tanpa kurang sedikitpun. Artinya semua yang ada di sini, semua postingan, komentar, dan gambar disimpan wordpress-ku dengan sekaligus, ga perlu manual satu2. Trus, gimana bila di wordpress juga bisa bermasalah seperti halnya di blogger? Itu juga bisa diantisipasi kok, dengan cara export (backup) data ke PC, yang suatu saat bisa kita upload lagi.

Nah, bagi yang belum tau mungkin bisa mencobanya. Ga ada salahnya dari sekarang sedia payung sebelum hujan

Import dari Blogger
  • login ke akun WP, Manage, Import, Pilih Blogger dan ikuti step2nya



Export
  • login ke akun WP, Manage, Export dan ikuti step2nya
  • nama File yang tersimpan di PC menyesuaikan waktu saat kita melakukan eksport, bentuknya berekstensi .xml (misal: wordpress.2007-08-31.xml)




Import dari PC
  • login ke akun WP, Manage, Import, Pilih Wordpress dan ikuti step2nya


Dipersilakan bila ada yang mau nambahin

8 Comments:

  1. tips yg mak nyuss :D
    *lngsung meluncur ke wp.com nya dan nampang disana :P

    ReplyDelete
  2. sep sep..langsung ke wp..

    ReplyDelete
  3. @ale & cempluk: WPnya udah lama, lbh tua dr blogger ini, tp br diisi. itupun hasil import dr blogger, jd blm ada yg istimewa :P

    ReplyDelete
  4. Wahh..makin sukses aja neh Lady Elen....sudah melakukan ekspor impor segala. Tapi awas hati2 jangan melakukan expor impor barang2 yang dilarang. Ntar bisa ketahuan di Bandara. Lohh gak ada hubungannya ding

    ReplyDelete
  5. Ladyelen, akan lebih seru kalau dimuat juga posting tentang FOREX TRADING. Bakal banyak yang nyumbang komentar. Kan banyak info bagus tentang apa & bagaimana trading forex yang sukses, misalnya di : smallinvest.netfirms.com. Trims.:P

    ReplyDelete
  6. @mrbam: joko sembung main golok :D

    @budi: wah, saya bukan ahlinya forex :)

    ReplyDelete
  7. Mbak Elen, Malang kan juga gudangnya Forex Trader tuh. Budi juga dari Malang loh ! Thanks

    ReplyDelete
  8. it's not that simple..

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih