Record The Journey and Thoughts

Thursday 30 August 2007

Pilates

Memiliki postur tubuh yang baik adalah idaman semua orang. Namun postur yang baik juga dinilai dari otot-otot yang kuat dan lentur. Orang yang posturnya baik biasanya tingkat kebugarannya tinggi.
Hmm.. kira2 saya termasuk gak ya..
Kita terusin yang segar-segar yuuk..

Untuk mendapatkan postur tubuh yang baik, ditentukan oleh sikap tubuh yang baik dan latihan2 olahraga teratur. Di antara berbagai cara membentuk postur tubuh, senam menjadi pilihan yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Saat ini telah dikenal berbagai macam senam yang menjanjikan pembentukan postur yang baik, misalnya: taebo dan yoga. Jenis olahtubuh lain yang diketahui bermanfaat membentuk postur tubuh yaitu Pilates. Tau ndak, di Amerika aja pilates belakangan ini menjadi sangat disukai bahkan oleh para selebriti Hollywood Madonna, Jennifer Anniston, Michelle Pfeiffer, Uma Thurman, Claire Danes, juga Sharon Stone

Apa itu Pilates?

Pilates adalah suatu metode olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20. Metode ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang.

Gerakan Pilates

Pilates adalah penggabungan seni olahtubuh dari dunia Timur dan dunia Barat dan sepintas mirip seperti yoga. Namun gerakan2 pilates juga menggunakan alat dalam gerakan2 tertentu. Selain itu pilates memiliki teknik pernapasan khusus yang dipraktekkan dalam setiap gerakan. Teknik nafas yang digunakan tidak dengan perut atau dada, melainkan dengan diafragma, sekat antara dada dan perut.

Menurut Joseph Pilates, pencipta 34 gerakan dasar senam sejak tahun 1920, terdapat prinsip utama di dalamnya, meliputi:
  • konsentrasi
  • pernapasan
  • pemusatan gerakan
  • kontrol gerakan
  • presisi dalam melakukan gerakan
  • isolasi terhadap otot yang dilatih
  • rutinitas

Gerakan pilates banyak melatih otot-otot perut, punggung bagian bawah, sekitar panggul, dan bokong, yang disebut core muscle. Otot-otot yang dilatih bukan hanya otot luar, tetapi juga otot dalam (deep muscle) yang jarang dijadikan fokus latihan senam biasa. Pemberdayaan otot dalam tubuh akan berdampak pada kekuatan dan fleksibilitas otot yang lebih baik.

Gerakan dalam pilates terlihat ringan dan mudah, namun bagi pemula akan terasa relatif sulit. Gerakan pilates tidak dilakukan berulang-ulang seperti halnya gerakan saat aerobik. Hal yang dipentingkan saat berpilates adalah akurasi (ketepatan) gerakan dan cara mengatur napas. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang perlu berkonsentrasi penuh saat melakukan pilates.

Karena bukan latihan kardio, pilates tak menguras keringat atau memacu denyut jantung dan harus dilakukan dalam frekuensi lumayan sering. Yang dilatih adalah core muscle, yakni otot2 perut, punggung bagian bawah, sekitar panggul, dan bokong.

Siapa yang bisa melakukannya?

Pilates disarankan hanya dilakukan oleh orang dewasa, bukan anak-anak atau remaja yang masih mengalami masa pertumbuhan. Sangat disarankan agar pilates dilakukan di bawah pengawasan instruktur yang memiliki sertifikat dari sekolah atau akademi terpercaya. Biasanya mereka memasang sertifikat itu di studionya. Keahlian seorang pelatih sangat diperlukan untuk menghindari risiko cedera yang relatif dialami saat melakukan jenis olahtubuh lain.

Pada wanita hamil?

Senam hamil Metode Pilates dianjurkan sejak kehamilan berusia trimester pertama alias 1-3 bulan. Meski tampaknya mudah dilakukan, namun ibu hamil harus dibantu oleh pelatih agar tak melakukan salah gerakan. Gerakan senam Pilates dipusatkan pada otot-otot yang berfungsi pada proses persalinan. Makanya disarankan untuk mulai melakukan sejak kehamilan usia muda.

Apa sih sebenarnya manfaat senam Pilates?

Tak lain untuk mendapatkan kekuatan dan kelenturan tubuh serta melatih pernapasan. Senam Pilates juga dapat memperbaiki tubuh dan pikiran, melancarkan peredaran darah, membuat lebih rileks dan fleksibel. Bosnusnya selain bentuk tubuh menjadi lebih baik, badan juga menjadi bugar.

Senam pilates bukanlah senam untuk program penurunan berat badan, meskipun mungkin saja bobot tubuh juga bisa berkurang. Senam pilates lebih mengarah pada pembentukan postur tubuh yang baik.

Dengan pilates, tubuh memiliki kekuatan, lebih stabil, dan fleksibel untuk bergerak. Tubuh akan lebih ringan dan luwes dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Senam ini juga digunakan untuk menguatkan otot bagi orang yang cedera.

Bagi ibu hamil, manfaat utama melakukan senam Pilates adalah untuk memperkuat otot2 dan sendi, terutama otot bagian perut dan dekat tulang punggung. Jadi manfaat dari senam hamil metode Pilates antara lain untuk membantu proses melahirkan, membuat ibu hamil lebih bugar serta mempertahankan bentuk tubuh baik selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

Bila berminat silakan pilih metode senam yang sekiranya cocok dengan kondisi tubuh, semoga makin bugar deh

Makin seru kan senamnya?

sumber: teori, praktek, browsing

90 Comments:

  1. Wah mbak elen lagi kegandrungan olah raga nih :p
    hehehe...

    ReplyDelete
  2. engga jg sih, cuma baru pengen mempublish aja, nyebarin virus senam biar sehat :)

    ReplyDelete
  3. Olahraga jenis ini kurang cocok di Indonesia. Tapi akan menjadi sangat populer jika dilakukan di laut Karibia, bahkan sudah difilmkan dan mencetak box office yaitu Pilates Of Caribbean :-D

    ReplyDelete
  4. mrbam: halah, ga nyambung :D

    ReplyDelete
  5. nice article, the pilates one

    ReplyDelete
  6. mbak... kalo bisa di kasih juga dunk tempat2 dimana bisa ikut senam pilates ini...

    ReplyDelete
  7. katanya pilates bisa buat terapi pada kelainan tulang belakang ..
    tapi katanya pilates ga bisa buat remaja ..
    aku kan masi remajaaaa ..
    huueeee .. :((

    ReplyDelete
  8. mba tau tempat pilates di bandung ga ? terutama yang dekat dengan daerah cikutra,,kalau tahu, saya sangat mengharapkan bantuannya dengan mengirimkan alamatnya pada email saya,,, di kodokirian@yahoo.com
    terim kasih bnayak

    ReplyDelete
  9. to all:
    maaf, saya kurang tau tempat sanggar pilates selain kota malang :)

    ReplyDelete
  10. hi friend...kalo yg tertarik mo ikutan pilates gabung aja ke Studio Of Life di jl. Kemang Raya no. 83H 2 nd Floor jakarta,saya instruktur disitu...insya allah saya akan bantu teman2 untuk mendapatkan postur tubuh ideal....-nasya-

    ReplyDelete
  11. hi friend...kalo yg tertarik mo ikutan pilates gabung aja ke Studio Of Life di jl. Kemang Raya no. 83H 2 nd Floor jakarta,saya instruktur disitu...insya allah saya akan bantu teman2 untuk mendapatkan postur tubuh ideal....-nasya-

    ReplyDelete
  12. hi friend...kalo yg tertarik mo ikutan pilates gabung aja ke Studio Of Life di jl. Kemang Raya no. 83H 2 nd Floor jakarta -021 7198814-,saya instruktur pilates disitu...insya allah saya akan bantu teman2 untuk mendapatkan postur tubuh ideal....-nasya-

    ReplyDelete
  13. hai mbak ellen,mang sebenrnya pilates gerakannya susah apa?:-/

    ReplyDelete
  14. halo"..... Wah, menarik banget nich. Btw, kalo uda umur 20 tahun, boleh donk ikutan pilates???
    Oiya, ada yang tau ga di mana pilates di SURABAYA? Terutama surabaya pusat... thanks.

    ReplyDelete
  15. Mbak ellen, tau tempat pilates di bandung gak? kalo tau tolong informasikan ke email ku ya leni_yansandra@yahoo.co.id. thanx

    ReplyDelete
  16. hai..wah berkat virus qm jd ktularan jg nih :P
    aq bnrx trtarik tp aq d sby :((
    trs tmpt pilates yg bgs klo d sby tu d mn
    mohon bntuannya y:D

    ReplyDelete
  17. :)
    makasih infonya, ada yg baru lagi? qu tunggu he3....

    ReplyDelete
  18. makasih eah ... berkat qhu liat situs ini jdi ja tugaz dri skull selesai !!!!!!
    Info nya pun cukup menarik & asik ........
    phie, da yg kurang nich ... gambar nya kurang lengkap tuch ...
    Lengkapin aghy eah ..!!!! qhu tnggu Loch ..!!!!!

    ReplyDelete
  19. mbak....apa senam pilates itu musTi dg instruktur yG dah bersertifikAt sEH..??
    kLo misAL bLajar sendiRi atO ngaJarin orgLain dr videO senam piLates gmNa.?
    cOz..aq bacA saLah satu sitUS..kLo senam piLates itu dilakukan di bawah pengawasan instruktur yang memang kredibel dan mempunyai sertifikat dari sekolah atau akademi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  20. pilates wat cowo bisa gag?..eh maksudnya yg di kemang ituh wat cowo terima gag?

    ReplyDelete
  21. aisyaifada@hotmail.com23/10/09, 2:59 pm

    kelas pilates di malang dimana ya? thanks bgt atas infonya..

    ReplyDelete
  22. @aisya: di malang sebenarnya banyak, namun hanya beberapa yang saya ketahui.
    antara lain:
    - senggar senam inda, dinoyo (BCA)
    - sukarnohatta, dekat rumah makan ringin asri
    - dekat pasar blimbing, universitas widyagama
    maaf tempat lainnya lupa nama daerahnya, skrg di solo seh :P

    ReplyDelete
  23. Menarik sekali olahraga seperti ini. Saya jadi tertarik untuk memperagakannya.

    ReplyDelete
  24. mbak tau gak tempat senam pilates yang murah tapi bagus?
    hehehe
    soalnya aku masih pelajar jadi gak ada uamg sedangkan aku lagi punya masalah sama berat badan

    ReplyDelete
  25. Berbeda dengan aerobik atau fitness yang lebih ke arah penurunan berat badan, pilates lebih mengarah kepada body toning dan bentuk tubuh yang ideal.

    Info yang bermanfaat, jika ada yang membutuhkan video pilates, kunjungi http://sport.videounggul.com/category/pilates

    ReplyDelete
  26. Thank you ya ... info nya sangat membantu... :)

    ReplyDelete
  27. Pilates bisa meninggikan badan sekitar 4cm, itu yang aku dapet dari macem-macem sumber, hehe..

    ReplyDelete
  28. wah,trims infonya Mbak, blh dicoba jg ini :)

    ReplyDelete
  29. alow mbak sy mau tanya klo pilates itu sebenarnya ada salonnya juga yah?.... trus itu biasanya akan berdampak gm bagi tubuh waktu masi baru pertama kali?///

    juga sy mau tanya gm cara bikin blog.... sy mau bikin blog tapi ga tau caranya thx...

    ReplyDelete
  30. @ntan..di bandung alamatnya jl karang sari,no nya gw lupa,hehe...denger2 ada promo alatnya tgl 5 agustusan,cuma 3 harian...

    ReplyDelete
  31. kalo di jogja dimana ya?ada yang tau?

    ReplyDelete
  32. :)]
    boleh dicoba nih....

    ReplyDelete
  33. mba klo pilates yg murah tapi bagus di bandung dmn ya??kl tau boleh mnta tolong di emailkan ke dwiputrianti_t@yahoo.com y..makasih bgt mba...soalnya udah semua cara digunakan tp BB tak kunjung turun :)
    makasih

    ReplyDelete
  34. terima kasih infonya.. mau daftar pilates ahh...

    ReplyDelete
  35. mba,mw dong infonya tempat pilates yg murmer di bandung,klw boleh tolong dong emailkan ke ririensugih@yahoo.com......tks sebelumnya y mba

    ReplyDelete
  36. maaf saya blm tau lokasi di bandung.
    halo warga bandung silakan share infonya ya..

    ReplyDelete
  37. Mbak... aq pengen baget belajar pilates... Klo info tempat pilaes yang murah di daerah Solo skitarnya dimana ya? Biasanya klo kursus pilates biayanya brp? Makasih ya Mbak :)

    ReplyDelete
  38. Mbak mau tyn pasca melahirkan boleh ikut Pilates? n apakah pilates cepat menurunkan berat badan ? Thanks

    ReplyDelete
  39. mba kalo pilates disolo dimana ya? n brapa harganya buat daftar? aq serius pengin ikut, biar aq sehat....
    please kirim ke emailq ya....
    dyanza_koe@yahoo.co.id
    matur nuwun...

    ReplyDelete
  40. iya mbak, jdi pngn nie. di solo dmn ya??

    ReplyDelete
  41. - untuk pasca melahirkan tentu boleh saja, namun sebelumnya silakan konsultasi dulu dgn dorter atau instruktur pilates

    - di solo banyak sekali, sayangnya saya tidak hafal nama daerahnya, maklum saya masih baru di solo. menyusul deh infonya :)

    ReplyDelete
  42. salam kenal mba!!!!
    aq mau nanya.. klu di bogor ada ga mba???

    ReplyDelete
  43. Di surabaya sanggar senam yang ada pilatesnya dimana ya mbak? dengan harga terjangkau juga pastinya. hehe
    makasii mba ^^

    ReplyDelete
  44. mbak klo di solo tempatna dmn ja??? dan yg biayana terjangkau oleh mahasiswi...

    ReplyDelete
  45. mba saya berminat sekali mau ikutan senam pilates tempat tinggal saya dicibinong tmp senam pilates ada ngga yah d'daerah cibinong?

    ReplyDelete
  46. mbak tolong update tempat pilates dan yoga di solo dong..thank u

    ReplyDelete
  47. Mbak,mau nanya harga n jadwal pilates di Kemang..Kirim k email aku ya niasavitri@yahoo.co.id ya..

    ReplyDelete
  48. Tempat Pilates di Surabaya dimana ya? Mohon share info ke email saya: garina_irma@yahoo.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  49. tempat pilates di balikpapan di mana ya sist?terima kasih infox

    ReplyDelete
  50. tempat pilates di bandung yang saya tau baru2 ini ada di jalan BENGAWANyang dekat TamanPramuka.

    ReplyDelete
  51. thanks a lot for info at bandung:)

    ReplyDelete
  52. sy pgn join mb.. tp di daerah saya blm sy temukan tmpty

    ReplyDelete
  53. Mbak, mau nanya dong tempat pilates di semarang..?mohon infonya ya..trims

    ReplyDelete
  54. mbak, mau nanya dunk, tempat pilates di pontianak atau makassar dimana y? terimakasih....

    ReplyDelete
  55. mba pilates iini jenis senam apasih?

    ReplyDelete
  56. tempat pilates di solo mna ya mbak,,? biayanya terjangkau oleh mahasiswa g nih??
    tolg infonya ke putrichusni@yahoo.com

    ReplyDelete
  57. Bagi yang mencari tempat pilates di Balikpapan, silahkan hubungi saya yah,, di reindy.wordpress.com

    ReplyDelete
  58. hai aku jg br pndh solo nih. share tmpt pilates di solo dong krn aku butuh bgt,tulang punggungku skoliosis. thank you =)

    ReplyDelete
  59. hahahah,,lucu2

    ReplyDelete
  60. Ya Mbak klo ada info tempat pilates di Solo dikabari ya Mbak
    Email: pazero_arwenita@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  61. kalo yang di bandung dimana aja ya,?

    ReplyDelete
  62. Di jogja ada gak ya pilates,mohon infonya kl ada yg tau

    ReplyDelete
  63. kl di yogya ada ga ya?

    ReplyDelete
  64. di semarang di sanggar senam pringgondani jl.supriyadi 12 d

    ReplyDelete
  65. Artikel yg bagus. Untuk yg mencari lokasi senam pilates d jakarta or bogor mungkin bs cr di sini http://www.pilates-jakarta.com/yoga-pilates-bogor.php
    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  66. Maaf Bu Elen, apakah menggunakan alat bantu untuk latihan pilates tersebut semisal resistance band, tubbing atau gymball ya bu ...??

    ReplyDelete
  67. seperti pada gambar, kami hanya menggunakan matras

    ReplyDelete
  68. Kalo di makassar ada gak yah tempat pilates atau yoga?

    ReplyDelete
  69. Salam kenal ya buat admin,,,

    Artikel yang sangat mnarik
    Kira2 butuh durasi berapa menit ya untuk melakukan gerakan pirates? dan model baju senam apa yang disarankan untuk melakukan gerakan ini?

    thanks n salam sukses ya?? :)

    ReplyDelete
  70. Mohon info lokasi senam pilates.saya telp ke 021 7198814, katanya sudah pindah.mohon info alamat barunya ke vatrya@yahoo.com. Thx

    ReplyDelete
  71. tolong info tempat dan harga pilates dan yoga disolo dong.....ditunggu ya di cicha69@yahoo.com. terima kasih....

    ReplyDelete
  72. pilates itu bisa dilakukan oleh cowok gak? apa cuma buat cewek aja? terus waktu yang tepat juga buat melakukan pilates itu kapan aja biar hasilnya maksimal?. Oiya btw kalo pilates gt kan pake baju senam, beli baju senam crystal dimana ya? Thanks ^^

    ReplyDelete
  73. utk lokasi SEMARANG ATAS..bisa coba GREEN CASA STUDIO {PILATES,YOGA,AEROBIC BL) khusus cewe..tempatnya asyik,privacy utk yg berkerudung, harga pas dikantong.kalo senam disitu free gym n ga usah bawa matrass n alat2 karena peralatan udah disiapkan.Alamat jl,tirto agung 12B,tembalang..dari patung kuda UNDIP lurus..n belok kearah menuju perum graha estetika.nanti sebelumnya..di kanan jalan..ada plank green casa studio.setelah ruko tembalang walk dan sebelum akper poltekes.monggo dicobaaa

    ReplyDelete
  74. harga terjangkau bangetz..pilates/yoga freelance cuma 25ribu perdatang,free gym pula.kalo aerobic bl freelance cuma 10rb/dtg.juga free gym.kalo member..registrasi 25rb aj..n yoga/pilates seminggu 2x bayarnya 175rb/bln..kalo pilates sebulan ampe 4x bayarnya 250rb.kalo aerobic bl seminggu ampe 4x byar 75rb/bulan..khusus cewe! kalo cowo dilarang masuk, maaaaappp yaa

    ReplyDelete
  75. cockny pke bju snam model apa tuh ??
    apakh ccok klo pke baju senam sport plus ?

    ReplyDelete
  76. infonya bermanfaat banget gan .... kalo toko baju senam dimana ya gan...??? mohon infonya ya gan.. :)

    ReplyDelete
  77. lebih baik mana ikut program senam pilatas dan senam body lenguage untuk memperindah postur tubuh? dan saya informasikan kepada temen2 semua jika cari baju senam murah khusus untuk senam aerobik silahkan cek katalog baju senam di www.bajusenamgrosir.com
    mga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  78. Salam kenal Gan..
    Mau tanya untuk senam Cardio ini Berasal Dari negara mana ?
    dan apakah ada saran untuk baju senam body image Di Kalimantan...
    Mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  79. mau tanya,
    dimana sanggar senam pilates di surabaya dengan harga terjangkau ?
    terima kasih.

    ReplyDelete
  80. Mau tanya,dimana sangar yoga ato pilates di Bandung. Tapi di daerah Dago dengan harga terjangkau? Terima kasih.

    ReplyDelete
  81. met pagi kak, pengen banget tuch kak, biar badn ane ni agag bisa seimbang, hehehehe , oh iya kak info donk kak tentang pakaian olahraga wanita

    ReplyDelete
  82. salam kenal sist.....
    bermanfaat banget tuh artikelnya ....
    oiya mau tanya nich ada yang tau gk toko yang menjual berbagai macam koleksi baju senam terbaru....??? mohon infonya ya :)

    ReplyDelete
  83. waahhh menarik gan artikelnya..... hmmm ngomong ane bingung pilih senam yg cocok buat ane..... oiya mau tanya juga nih tempat jual baju senam wanita via online dimana yaa....???

    ReplyDelete
  84. salam kenal Gan, kalau boleh tanya senam pilates itu untuk semua orang termasuk remaja atau ada pengkhususan?

    ReplyDelete
  85. thank kak for info nya... artikelnya bantu bangetm sekalian dach tanya tmpat jual baju senam murah daerah surabaya

    ReplyDelete
  86. Salam Olahraga
    tmksh infonya sist, apakah senam pilates ini sama dengan senam artistik?
    dan apakah dlm senam pilates membutuhkan baju senam kayak baju aerobik ini?
    Salam sukses

    ReplyDelete
  87. salam kenal...
    thanks bngt infonya...
    saat senam pilates boleh pakek baju senam muslim gak??

    ReplyDelete
  88. Kalo di malang alamatnya dimana ya?

    ReplyDelete
  89. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  90. Kalo mau join pilates alamat ny boleh di share kak

    ReplyDelete

Silakan isi kolom komentar dengan mencantumkan ID Anda
(Twitter, FB, IG, eMAIL). Terimakasih